PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI

Penulis

  • Devi Setiyorini
  • Suharto
  • Umi Hidayati

Kata Kunci:

Media Pembelajaran E-modul, hasil belajaran

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran modul cetak pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran e-modul pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk, 3) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara menggunakan media pembelajaran modulcetak dengan pembelajaran e-modul pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi-Eksperimen. Desain yang digunakan dalam peneitian ini adalah tes akhir ( Postest-Only Control Group Design). Variabel dari penelitian ini adalah media pembelajaran e-modul (X) dan hasil belajar ekonomi (Y). Populasi dari penelitian ini adalah siswa X SMA Negeri 3 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 2  kelas berjumlah 72 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa X SMA Negeri 3 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 2  kelas berjumlah 72 siswa , siswa kelas X-4 sebagai kelas kontrol dan kelas X-3 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus. Intrumen penelitian ini adalah tes yang digunakan berisi soal-soal pilihan ganda yang dibagikan kepada siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistic t-test. Berdasarkan nilai tes. Siswa mendapatkan nilai rata-rata post test kelas kontol media pembelajaran modul cetak  78,8 belum ada peningkatan hasil belajar ekonomi dan kelas eksperimen media pembelajaran e-modul  87,5 sudah ada peningkatan hasil belajar ekonomi. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk  Dk = 70 nilai thitung = 7,190 dan   ttabel =2,000, maka thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga “Penerapan media pebelajaran E-modul IPS untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022”. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk melanjutkan dan mengembangkan penelitian selanjutnya

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-02

Cara Mengutip

Devi Setiyorini, Suharto, & Hidayati, U. (2022). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI . Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(2). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jipe/article/view/411