PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI
Keywords:
Media Pembelajaran E-modul, hasil belajaranAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran modul cetak pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran e-modul pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk, 3) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara menggunakan media pembelajaran modulcetak dengan pembelajaran e-modul pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi-Eksperimen. Desain yang digunakan dalam peneitian ini adalah tes akhir ( Postest-Only Control Group Design). Variabel dari penelitian ini adalah media pembelajaran e-modul (X) dan hasil belajar ekonomi (Y). Populasi dari penelitian ini adalah siswa X SMA Negeri 3 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 2 kelas berjumlah 72 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa X SMA Negeri 3 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 2 kelas berjumlah 72 siswa , siswa kelas X-4 sebagai kelas kontrol dan kelas X-3 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus. Intrumen penelitian ini adalah tes yang digunakan berisi soal-soal pilihan ganda yang dibagikan kepada siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistic t-test. Berdasarkan nilai tes. Siswa mendapatkan nilai rata-rata post test kelas kontol media pembelajaran modul cetak 78,8 belum ada peningkatan hasil belajar ekonomi dan kelas eksperimen media pembelajaran e-modul 87,5 sudah ada peningkatan hasil belajar ekonomi. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Dk = 70 nilai thitung = 7,190 dan ttabel =2,000, maka thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga “Penerapan media pebelajaran E-modul IPS untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022”. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk melanjutkan dan mengembangkan penelitian selanjutnya
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0