KEEFEKTIFAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL TERHADAP PEMAHAMAN MATA PELAJARAN EKONOMI
Keywords:
Media Pembelajaran E-ModulPemahaman Mata Pelajaran Ekonomi.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman mata pelajaran ekonomi dengan sebelum menggunakan media pembelajaran E-Modul, 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa dengan sesudah menggunakan media pembelajaran E-Modul, 3) Untuk Mengetahui efektif atau tidaknya dalam penggunaan media pembelajaran E-Modul terhadap pemahaman mata pelajaran ekonomi. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dan rancangan penelitiannya adalah One Group Pretest-Postest Design, Sedangkan pendekataan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekataan kuantitatif. Untuk itu variabel bebasnya adalah media pembelajaran E-Modul serta variabel terikatnya yaitu pemahaman mata pelajaran ekonomi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlahkan 30 siswa. Dan sampel yang digunakan adalah seluruh dari jumlah populasi yaitu siswa kelas X IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 1 kelas yang berjumlahkan 30 siswa. Teknik yang dipakai dalam pengambilan sampel ini adalah teknik sampling jenuh atau sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data penelitian ini adalah analisis data statistik t-test.Berdasarkan nilai tes. Siswa mendapatkan nilai rata-rata sebelum menerapakan media pembelajaran E-Modul (pre-test) sebesar 63 yang termasuk belum ada peningkatan pemahaman mata pelajaran ekonomi, sedangkan nilai rata-rata (post test) sebesar 89 yang termasuk sudah ada peningkatan pemahaman mata pelajaran ekonomi dari sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Dk = 29 nilai thitung = 20,77 dan ttabel = 2,045, maka thitung >ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “Media pembelajaran E-Modul efektif terhadap pemahaman mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X IPS 1 di SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022”. Berdasarkan pengalaman pada bagian ini peneliti ingin memberikan beberapa saran yang mungkin berguna untuk penelitian selanjutnya. Pengembangan penelitian selanjutnya dapat menambah ruang lingkup penelitian serta lebih diperdalam melalui media pembelajaran atau penelitian kuantitatif, yaitu menyelidiki siswa dalam kasus-kasus tertentu, seperti kebosanan siswa dalam pembelajaran, rendahnya pemahaman siswa dalam mengerti materi. Hal ini juga terkait dengan konsep media yang mengambil siswa sebagai partisipan
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0