PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
metode pembelajaran Brainstorming, hasil belajar siswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020 sebelum menggunakan metode pembelajaran Brainstorming dengan menggunakan media audio visual. 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020 sesudah menggunakan metode pembelajaran Brainstorming dengan menggunakan media audio visual. 3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020 sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran Brainstorming dengan media audio visual.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain posttest only control design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas XI IPS sebanyak 67 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas XI IPS 1 sejumlah 33 dan kelas XI IPS 2 sejumlah 34 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji t.
Berdasarkan hasil nilai tes. Siswa menunjukkan nilai rata-rata post test 68 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata post test 86 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 0,005% untuk dk = 65 nilai ttabel = 2,38510 dan thitung = 8,875, maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020 sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran Brainstorming dengan media audio visual”.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0