PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Penulis

  • Ervan Murdiono
  • Suharto

Kata Kunci:

metode pembelajaran Brainstorming, hasil belajar siswa

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020 sebelum menggunakan metode pembelajaran Brainstorming dengan menggunakan media audio visual. 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020 sesudah menggunakan metode pembelajaran Brainstorming dengan menggunakan media audio visual. 3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020 sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran Brainstorming dengan media audio visual.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain  posttest only control design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas XI IPS sebanyak 67 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas XI IPS 1 sejumlah 33 dan kelas XI IPS 2 sejumlah 34 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji t.

Berdasarkan hasil nilai tes. Siswa menunjukkan nilai rata-rata post test 68 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata post test 86 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 0,005% untuk dk = 65 nilai ttabel = 2,38510 dan thitung = 8,875, maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020 sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran Brainstorming dengan media audio visual”.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-02

Cara Mengutip

Ervan Murdiono, & Suharto. (2022). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jipe/article/view/444