EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP TINGGINYA MINAT START UP PADA MAHASISWA STKIPPGRI NGANJUK

Penulis

  • DIMAS GEOPRATAMA STKIP PGRI NGANJUK
  • Umi Hidayati
  • Suharto

Kata Kunci:

terdiri dari Pembelajaran Kewiruasahaan Minat Start up pada Mahasiswa.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keaktifan disemester 6 program studi pendidikan ekonomi dalam pembelajaran kewirausahaan (2) untuk mengetahui keaktifan disemester 6 program studi pendidikan ekonomi sesudah menggunakan minat start up (3) untuk mengetahui efektifitas pembelajaran kewirausahaan terhadap tingginya minat start up pada mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk. Metodologi penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif dengan pendekatan Korelasi penelitian ini sudah dilaksanakan di STKIP PGRI Nganjuk Tahun Akademik 2021/2022 dengan populasi seluruh mahasiswa Program studi Pendidikan Ekonomi semester 6 yang tediri dari 41 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan Kuesioner dan Dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis Korelasi. Berdasarkan hasil analisis data perhitungan skor pembelajaran kewirausahaan presentase menunjukkan bahwa pembelajaran kewirausahaan terdapat 78% mahasiswa dan sedangkan minat start up menunjukkan 95% mahasiswa dan serta hasil perhitungan dengan analisis uji korelasi diperoleh thitung = 0,85 dan rhitung = 0,3008 sehingga thitung > rhitung terhadap minat start up pada mahasiswa. Dan hipotesis yang diajukan peneliti adalah “diterima”. Adapun hipotesis yang diajukan peneliti adalah “ Efektifitas pembelajaran kewirausahaan efektif dalam meningkatkan tingginya minat start up pada mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk tahun Akademik 2021/2022”.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-02

Cara Mengutip

GEOPRATAMA, D., Hidayati, U., & Suharto. (2022). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP TINGGINYA MINAT START UP PADA MAHASISWA STKIPPGRI NGANJUK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(2). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jipe/article/view/385