PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INQUIRY BERBASIS DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMAN 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • M Saiful Huda
  • Juminto
  • Umi Hidayati

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Kooperatif Inquiry Berbasis Daring, Hasil Belajar.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif inquiry berbasis daring 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi setelah penerapan model pembelajaran kooperatif inquiry berbasis daring 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi Materi Masalah Pokok Ekonomi dan Sistem Ekonomi pada kelas X IPS 1 SMAN 1 REJOSO Tahun Pelajaran 2020/2021 sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif inquiri berbasis daring.Penelitian ini merupakan peneltian eksperimen dengan one group design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMAN 1 REJOSO Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu kelas X yang berjumlah 144 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X IPS-1 sejumlah 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes .Berdasarkan hasil nilai tes siswa, sebelum menggunakan model pembelajaran koopertif inquiry berbasis daring menunjukkan nilai rata-rata 69. Menunjukan hasil tersebut dikategorikan cukup baik dan hasil setelah penerapan model pembelajaran kooperatif inquiry berbasis daring menunjukan nilai rata-rata 79. menujukkan bahwa hasil tersebut dikategorikan baik. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Db = 35 nilai thitung = 14,352 dan  ttable = 2,021 dan, maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi Materi Masalah Pokok Ekonomi dan Sistem Ekonomi pada siswa kelas X-IPS 1 SMAN 1 REJOSO Tahun Pelajaran 2020/2021 sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif inquiry berbasis daring”.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-02

Cara Mengutip

M Saiful Huda, Juminto, & Hidayati, U. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INQUIRY BERBASIS DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMAN 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(1). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jipe/article/view/430