PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE MEET TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS
Keywords:
penggunaan media pembelajaran google meet, disiplin belajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen design dengan menggunakan pendekataan kuantitatif. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK PGRI 2 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan google meet untuk mengukur disiplin belajar siswa sedangkan Variabel terikat dalam penelitian ini adalah disiplin belajar.Populasi penelitian Kelas X sebanyak 94 siswa. Sampel penelitian yaitu Kelas X PKM-1 sebanyak 34 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi nilai kuesioner (angket) sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data menggunakan paired sampel t-test.
Berdasarkan hasil analisis perhitungan menggunakan SPSS diperoleh sig. (2 tailed) sebesar 0,593 dengan taraf signifikan 0,05 dengan perolehan t-test pada tabel uji paired sampel t test diperoleh t sebesar 0,540 dengan nilai rata-rata X sebesar 31,03 dan Y 29,12. Hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima, artinya ada pengaruh penggunaan media pembelajaran google meet terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0