PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE MEET TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS

Penulis

  • Dyah sandi pratiwi
  • Juminto
  • Hariyono

Kata Kunci:

penggunaan media pembelajaran google meet, disiplin belajar

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen design dengan menggunakan pendekataan kuantitatif. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK PGRI 2 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan  google meet untuk mengukur disiplin belajar siswa sedangkan Variabel terikat dalam penelitian ini adalah disiplin belajar.Populasi penelitian Kelas X sebanyak 94 siswa. Sampel penelitian yaitu Kelas X PKM-1 sebanyak 34 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi nilai kuesioner (angket) sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data menggunakan paired sampel t-test.

Berdasarkan hasil analisis perhitungan menggunakan SPSS diperoleh sig. (2 tailed) sebesar 0,593 dengan taraf signifikan 0,05 dengan perolehan t-test pada tabel uji paired sampel t test diperoleh t sebesar 0,540 dengan nilai rata-rata X sebesar 31,03 dan Y 29,12. Hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima, artinya ada pengaruh penggunaan media pembelajaran google meet terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-02

Cara Mengutip

Dyah sandi pratiwi, Juminto, & Hariyono. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE MEET TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS . Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(2). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jipe/article/view/425