PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE MEET TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS

Authors

  • Dyah sandi pratiwi
  • Juminto
  • Hariyono

Keywords:

penggunaan media pembelajaran google meet, disiplin belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen design dengan menggunakan pendekataan kuantitatif. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK PGRI 2 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan  google meet untuk mengukur disiplin belajar siswa sedangkan Variabel terikat dalam penelitian ini adalah disiplin belajar.Populasi penelitian Kelas X sebanyak 94 siswa. Sampel penelitian yaitu Kelas X PKM-1 sebanyak 34 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi nilai kuesioner (angket) sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data menggunakan paired sampel t-test.

Berdasarkan hasil analisis perhitungan menggunakan SPSS diperoleh sig. (2 tailed) sebesar 0,593 dengan taraf signifikan 0,05 dengan perolehan t-test pada tabel uji paired sampel t test diperoleh t sebesar 0,540 dengan nilai rata-rata X sebesar 31,03 dan Y 29,12. Hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima, artinya ada pengaruh penggunaan media pembelajaran google meet terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-11-02

How to Cite

Dyah sandi pratiwi, Juminto, & Hariyono. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE MEET TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS . Ekonomi Dan Pendidikan Sinergi Untuk Inovasi, 3(2). Retrieved from https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jipe/article/view/425