STUDI TENTANG PENDEKATAN KETERAMPILAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 3 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Pelaksanaan,, Kegiatan Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran .Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru ekonomi di SMA Negeri 3 Nganjuk yang memenuhi unsur keterampilan berpikir tingkat tinggi; (2) pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru ekonomi di SMA Negeri 3 Nganjuk yang mengarah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi; dan (3) penilaian atau evaluasi pembelajaran yang dibuat oleh guru ekonomi di SMA Negeri 3 Nganjuk yang mengarah pada unsur pengukuran keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jenis penelitian ini adalah mixed methods dengan model sequential exploratory. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS serta guru Ekonomi. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 3 Nganjuk sudah mengusahakan untuk memenuhi unsur keterampilan berpikir tingkat tinggi; (2) pelaksanaan kegiatan pembelajaran oleh guru ekonomi di SMA Negeri 3 Nganjuk kelas X IPS sudah mengusahakan untuk mengimplementasikan kegiatan pembelajaran yang mengarah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi; dan (3) penilaian atau evaluasi pembelajaran yang dibuat oleh guru ekonomi di SMA Negeri 3 Nganjuk kelas X IPS belum mengarah pada unsur pengukuran keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0