“STUDI KOMPARASI ANTARA METODE PEMBELAJARAN CORE (Connecting, Organizing, Refleting, Extending) DAN SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, And Review) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 3 NGANJUK TAHUN P
Keywords:
hasil belajar siswa, metode pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending, metode pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review)Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) mata pelajaran ekonomi 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) mata pelajaran ekonomi 3)Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi antara yang menggunakan metode CORE dan metode pembelajaran SQ4R pada siswa kelas X IPS 1 dan kelas IPS 4. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Two Group Design Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas X IPS sebanyak 144 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X IPS 1 sejumlah 36 siswa dan X IPS 4 sejumlah 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis. Kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas IPS 4 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganailisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji t. Berdasarkan hasil perhitungan data penelitian diketahui bahwa dengan tarif 5% untuk N = 72 N-2 = 70, karena DK 70 yang tercantum dalam uji t dan nilai 70 adalah 1,980, sedangkan nilai = 7,663 yang berarti > Maka Ho ditolak dan Ha diterima . Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dan metode SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) pada mata pelajaran ekonomi materi bank dan lembaga keuangan bukan banks siswa kelas X ips 1 dengan X IPS 4 SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0