PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X OTKP SMKN 2 NGANJUK
Keywords:
media Aplikasi Google classroom, Prestasi belajar siswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1 Untuk mengetahui apakah penerapan Media Google classroom dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada Materi Pelajaran Ekonomi pada siswa kelas X OTKP Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) Untuk mengetahui apakah Prestasi belajar siswa pada Materi Pelajaran Ekonomi dengan diterapkan model konvensional pada siswa kelas X OTKP Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020, 3) Untuk mengetahui apakah pengaruh penerapan Media Google classroom dalam meningkatkan Prestasi Belajar pada Materi Pelajaran Ekonomi pada siswa kelas X OTKP Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMKN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas X OTKP sebanyak 109 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X OTKP 1 sejumlah 37 siswa dan X OTKP 2 sejumlah 37 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis. Kelas X OTKP 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X OTKP 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganailisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji t. Berdasarkan hasil nilai tes siswa menunjukkan nilai rata-rata post test 75,72 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata post test 79,17 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Dk = 72 nilai ttabel = 2,000 dan thitung = 3.382, maka thitung> ttabel yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga “Ada perbedaan yang signifikan antara Penerapan Media pembelajaran Google classroom dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar siswa pada materi ekonomi pada siswa kelas X OTKP SMKN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0