PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DENGAN DI DUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI KETENAGAKERJAAN KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
model pembelajaran Demonstrasi, hasil belajar siswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi materi Ketenagakerjaan sebelum menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dengan didukung media audio visual pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi materi Ketenagakerjaan sesudah menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dengan didukung media audio visual pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020, 3) Untuk mengetahui perberbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi materi Ketenagakerjaan sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dengan didukung media audio visual pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas XI IPS sebanyak 106 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas XI IPS 1 sejumlah 26 siswa dan XI IPS 2 sejumlah 26 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis. Kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganailisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji t. Berdasarkan hasil nilai tes siswa menunjukkan nilai rata-rata post test 70,1 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata post test 79,42 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Dk = 50 nilai ttabel = 2,021 dan thitung = 3,543, maka thitung> ttabel yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dengan didukung media audio visual pada materi ketenagakerjaan mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0