Pengembangan Comic Strips Sebagai Media Pembelajaran Writing Berbasis Kearifan Lokal Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama

Penulis

  • Puput Zuli Ekorini STKIP PGRI Nganjuk
  • Caltira Rosiana STKIP PGRI NGANJUK

Kata Kunci:

Comic Strips, Kearifan Lokal, Penelitian R&D

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui produk pengembangan media comic strips sebagai media  pembelajaran writing berbasis kearifan lokal untuk siswa sekolah menengah pertama.Strip komik (Comic Strips) merupaka media pembelajaran yang dapat digunakan untuk berbagai macam skill, salah satunya adalah Writing. Strip Komik berbahasa inggris banyak sekali dibuat oleh para native atau orang-orang asli pengguna Bahasa Inggris sehingga bahasa yang digunakan cenderung kompleks dan sulit dipahami oleh Siswa yang masih dalam proses belajar. Strip komik yang dalam pembelajaran Writing digunakan untuk menstimulasi Siswa agar dapat mempelajari grammar (tata bahasa), mechanics (cara penulisan), content (pengembangan ide/ isi), organization (urutan/ kronologi ide), dan vocabulary (penggunaan kata yang efektif).Dalam penelitian pengembangan ini, peneliti mencoba memenuhi kekurangan-kekurangan yang belum dapat dipenuhi oleh media strip komik yang sudah ada dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R n D). Ada sepuluh langkah yang dilakukan dalam penelitian RnD ini berdasarkan pada teori Borg dan Gall (1989: 783-795). Pada tahap penelitian pendahuluan  dan pengumpulan informasi peneliti melakukan observasi dan dan wawancara terhaap guru dan siswa untu mengungkap kebutuhan guru dan siswa dalam kegiatan writing. Selain itu peneliti juga melakukan kajian terhadap hasil penelitian terdahulu yang pernah dilakukan terkait dengan penggunaan comic strips sebagai media pembelajaran writing. Dari hasil observasi dan wawancara maka didapat sebuah perencanaan untuk mengembangkan comic strips berbasis kearifan lokal sebagao media pembelajaran writing untuk siswa sekolah menengah pertama. Dalam tahap pengembangan, peneliti membuat konsep comic strips yang kemudian diilustrasikan ke dalam panel-panel yag berisi tokoh dan dialog. Setelah draft selesai maka diakukan penilaian atau validasi oleh ahli materi dan ahli media. Adapun hasil uji kelas kecil menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test yang ditujukkan dari nilai signifikan 0.00< 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan comic strips bebasis kearifan local ini efektif untuk pembelajaran writing di sekolah menengah pertama.

Referensi

A., Chiera-Macchia & M., Rossetto. (2011). Visual learning is the best learning–it lets you be creative while learning': exploring ways to begin guided writing in second language learning through the use of comics. Babel, 45(2-3), 35+.

Bratcher, Suzanne & Ryan, Linda. 2004. Evaluating Children’s Writing, A Hanbook of Grading Choices for Classroom Teachers: Second Edition. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Brown, H. Douglas. 2001. Teaching by Principle: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Brown, H. Douglas. 2004. Language Asessment: Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education, Inc.

Carter, James Bucky. 2007. Building Literacy Connections with Graphic Novels: Page by Page, Panel by Panel. Urbana: NCTE.

Davis, R.S. 2006. Comics: A Multi-Dimensional Teaching Aid in Integrated-Skills Classes. (Online), (http://www.esl-lab.com.research/comics.htm)

Gall, M, D., Gall J, P., & Borg, W, R. 1983 Educational Research and Introduction; Third Edition. USA: Pearson Education

Gonzalez-Espada, Wilson Javier. 2003. Integrating Physical Science and the Graphic Arts with Scientifically Accurate Comic Strips: Rationale, Description, and Imlementation.Revista Electronica de Ensenanza de las Ciencias, Vol. 2, No 1, 58-66.

Hegarty, Carol. 2000. Writing; English in Context. United States of America: Saddleback Education Publishing.

Pitoy, S. Information and Language for Effective Communication. TEFLIN Journal, 23 (1): 91-114.

Sirtha, Nyoman. 2003. Menggali Kearifan Lokal untuk Ajeg Bali. (Online), (http://www.balipos.co.id)

Usman, Husaini & Akbar, purnomo Setiady. 2011. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-05

Cara Mengutip

Ekorini, P. Z., & Rosiana, C. (2021). Pengembangan Comic Strips Sebagai Media Pembelajaran Writing Berbasis Kearifan Lokal Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Dharma Pendidikan, 13(2), 85 - 98. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/79

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>