PENGEMBANGAN JOT SPOT BERBANTU VISUAL NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN READING SKILL MAHASISWA DALAM MEMAHAMI ARTIKEL ILMIAH

Authors

  • Puput Zuli Ekorini STKIP PGRI Nganjuk
  • Achmad Tantowi Aziz STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v14i2%20Oktober.4

Keywords:

Reading Skill, Jot Spot, Visual Note-Taking, R & D

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk pengembangan jot spot berbantu visual note
taking sebagai metode membaca artikel jurnal ilmiah pada mahasiswa Program Studi Pendidikan
Bahasa Inggris. Selain itu juga untuk mengetahui tingkat kelayakan jot spot berbantu visual note
taking sebagai metode membaca artikel jurnal ilmiah pada mahasiswa. Dalam penelitian
pengembangan ini, peneliti mencoba mengembangkan jot spot berbantu visual note-taking dengan
menggunakan metode penelitian Research and Development (R n D). Ada sepuluh langkah yang
dilakukan dalam penelitian RnD ini berdasarkan pada teori Borg dan Gall (1989: 783-795) tetapi
dalam penelitian ini hanya dilakuan sampai lagkah ke – 7, yaitu; (1) Studi pendahuluan, (2)
Merencanakan Penelitian, (3) Pengembangan Desain , (4) Validasi dan uji kelas kecil, (5) Revisi
hasil uji kelas kecil, (6) Uji kelas besar, (7) Penyempurnaan produk. Penelitian ini menggunakan
analisis data deskriptif dengan satu variabel yaitu kualitas jot spot berbantu visual note-taking
sebagai metode pembelajaran reading skill pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris semester
VIII dalam memahami artiel ilmiah yang diturunkan dari kisi-kisi penilaian. Hasil uji kelayakan
metode Jotp Spot berbantu Visual Note-Taking diaggap layak digunakan di dalam proses membaca
dan memahami artike jurnal ilmiah. Dari perhitungan yang dilakukan didapatkan bahwa t-hitung
adalah 4.72 dengan nilai t-tabel adalah 2.086. Dari hasil perhitunga tersebut t-hitung > t-tabel
yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode
Jot Spot berbantu Visual Note-Taking ini efektif untuk mambantu mahasiswa dalam memahami
artikel jurnal ilmiah yang mereka baca.
Kata Kunci: Reading Skill, Jot Spot, Visual Note-Taking, R & D

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antoni, Nurman. (2010). Exploring EFL Teacher’s Strategies in Teaching

Reading Comprehension. Jurnal Penelitian Indonesia. 11(2): 39-51

Gall, M, D., Gall J, P., & Borg, W, R. 1983. Educational Research and

Introduction; Third Edition. USA: Pearson Education

Perfetti, Charles & Stafura, Joseph. (2014). Word Knowledge in a Theory

of Reading Comprehension. Scientific Studies of Reading. 18: 22-37

Reed, Deborah K & Vaughan, Sharon. (2012). Retell as an Indicator of

Reading Comprehension. Sci Study Read. 16(3): 187-217

Tarigan, Henry Guntur, 2008. Membaca sebagai Suatu Ketrampilan

Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published

2021-10-06

How to Cite

Ekorini, P. Z., & Aziz, A. T. (2021). PENGEMBANGAN JOT SPOT BERBANTU VISUAL NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN READING SKILL MAHASISWA DALAM MEMAHAMI ARTIKEL ILMIAH. Dharma Pendidikan, 14(2 Oktober), 69–83. https://doi.org/10.69866/dp.v14i2 Oktober.4