PENGEMBANGAN JOT SPOT BERBANTU VISUAL NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN READING SKILL MAHASISWA DALAM MEMAHAMI ARTIKEL ILMIAH
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v14i2%20Oktober.4Keywords:
Reading Skill, Jot Spot, Visual Note-Taking, R & DAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk pengembangan jot spot berbantu visual note
taking sebagai metode membaca artikel jurnal ilmiah pada mahasiswa Program Studi Pendidikan
Bahasa Inggris. Selain itu juga untuk mengetahui tingkat kelayakan jot spot berbantu visual note
taking sebagai metode membaca artikel jurnal ilmiah pada mahasiswa. Dalam penelitian
pengembangan ini, peneliti mencoba mengembangkan jot spot berbantu visual note-taking dengan
menggunakan metode penelitian Research and Development (R n D). Ada sepuluh langkah yang
dilakukan dalam penelitian RnD ini berdasarkan pada teori Borg dan Gall (1989: 783-795) tetapi
dalam penelitian ini hanya dilakuan sampai lagkah ke – 7, yaitu; (1) Studi pendahuluan, (2)
Merencanakan Penelitian, (3) Pengembangan Desain , (4) Validasi dan uji kelas kecil, (5) Revisi
hasil uji kelas kecil, (6) Uji kelas besar, (7) Penyempurnaan produk. Penelitian ini menggunakan
analisis data deskriptif dengan satu variabel yaitu kualitas jot spot berbantu visual note-taking
sebagai metode pembelajaran reading skill pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris semester
VIII dalam memahami artiel ilmiah yang diturunkan dari kisi-kisi penilaian. Hasil uji kelayakan
metode Jotp Spot berbantu Visual Note-Taking diaggap layak digunakan di dalam proses membaca
dan memahami artike jurnal ilmiah. Dari perhitungan yang dilakukan didapatkan bahwa t-hitung
adalah 4.72 dengan nilai t-tabel adalah 2.086. Dari hasil perhitunga tersebut t-hitung > t-tabel
yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode
Jot Spot berbantu Visual Note-Taking ini efektif untuk mambantu mahasiswa dalam memahami
artikel jurnal ilmiah yang mereka baca.
Kata Kunci: Reading Skill, Jot Spot, Visual Note-Taking, R & D
Downloads
References
Antoni, Nurman. (2010). Exploring EFL Teacher’s Strategies in Teaching
Reading Comprehension. Jurnal Penelitian Indonesia. 11(2): 39-51
Gall, M, D., Gall J, P., & Borg, W, R. 1983. Educational Research and
Introduction; Third Edition. USA: Pearson Education
Perfetti, Charles & Stafura, Joseph. (2014). Word Knowledge in a Theory
of Reading Comprehension. Scientific Studies of Reading. 18: 22-37
Reed, Deborah K & Vaughan, Sharon. (2012). Retell as an Indicator of
Reading Comprehension. Sci Study Read. 16(3): 187-217
Tarigan, Henry Guntur, 2008. Membaca sebagai Suatu Ketrampilan
Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Puput Zuli Ekorini, Achmad Tantowi Aziz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0