PARAGRAPH PATTER N DAN WRITING: SEBUAH STUDI KONSEPTUAL UNTUK MENGETAHUI PENTINGNYA PEMAHAMAN SEORANG PENULIS TERHADAP PARAGRAPH PATTERN DALAM MENULIS SEBUAH TEKS

Authors

  • Puput Zuli Ekorini STKIP PGRI Nganjuk
  • Anita Budi Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.510

Keywords:

Pola Paragraf, Writing, Studi Konseptual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya seorang penulis memahami dan mengimplementasikan pola paragraf (paragraph pattern) di dalam menyusun sebuah paragraf. Metode penelitian konseptual adalah pendekatan penelitian yang bertujuan untuk memahami dan menganalisis konsep atau teori tertentu tanpa mengumpulkan data empiris primer. Sebagai gantinya, metode ini mengandalkan pengumpulan dan analisis data sekunder, seperti literatur, dokumen, artikel ilmiah, adapaun hasil dari penelitian ini ditemukan beberapa poin tentang pentingnya penyusuna pola paragraf sebelum menuliskan teks. Secara garis besar dapat dilihat hasil kajian mengapa pola paragraf penting dikuasai yang pertama dalah penggunaan pola paragraf di dalam sebuah teks akan memberikan struktur teks yang jelas. Dengan mengikuti pola yang umum dalam penyusunan paragraf, seperti pola induksi-deduksi atau pola urutan kronologis, kedua mempengaruhi kualiats kohesi pada teks, ketiga yaitu Pola paragraf yang teratur membantu dalam menyusun informasi secara terstruktur dan logis. Pembaca akan lebih mudah mengikuti alur pemikiran penulis karena informasi disajikan dengan urutan yang jelas dan terorganisir, dan terakhir adalah efisiensi komuniaksi tulis yang dilakukan oleh penulis dan pembaca.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Wrya Izzadin. 2021. The Concept of Cohesion and Coherence in Modern Linguistics with Reference to English and Kurdish. International Journal of Social Science & Educational Studies. 8(4). 276-268. Doi: 10.23918/ijsses.v8i4p276

Aquariza, Novi Rahmania. 2018. Penguasaan Kohesi dan Koherensi dalma Tulisan Narasi Siswa SMK di Surabaya. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 7(1). 41-45

Astuti, Juwita Dewi. 2022. Kesulitan Peserta Didik Menetukan Ide Pokok Paragraf Materi Teks Narasi. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, Surabaya: 6 April 2022. Hal. 1285-1291

Crossley, S. A. & McNamara, D. S. 2016. Say More and Be More Coherent: How Text Elaboration and Cohesion Can Increase Writing Quality. Journal Of Writing Research. 7(3), 351-370. Doi: 10.17239/jowr-2016.07.3.02

Ikawati, Erna. 2014. Penguasaan Kata Penghubung dalam Menulis Paragraf Deduktif. Logaritma. 2(2). 12-24

Johnson County Community College. Ed. 22 April 2021. Paragraph Development. Diakses 21 Mei 2024 dari https://www.jccc.edu/student-resources/academic-resource-center/writing-center/files/paragraph-development.pdf

Juniarti, yanti. 2019. Pentingnya Ketrampilan Menulis Akademik Di Perguruan Tinggi. Prosiding Sembrada Universitas Sriwijaya. 2(1), 185-189

Purba, Helda Melani, dkk. 2023. Aspek-Aspek Membaca dan Pengembangan dalam Ketrampilan Membaca di Kelas Tinggi. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa. 2(3). 177-193. Doi: https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3

Salma. Terbit 20 Juni 2023. Kerangka Berpikir: Cara Membuat dan Contoh Lengkap. Diakses 21 Mei 2024 dari https://penerbitdeepublish.com/kerangka-berpikir/

Suwandi. 2016. Coherence and Cohesion: An Analysis of the Final Project Abstract of the Undergraduate Students of PGRI Semarang. Indonesian Journal of Applied Linguistics. 5(2). 253-261. Doi: dx.doi.org/10.17509/ijal.v5i2.1349

Wirantaka, Andi. 2016. Paragraph Writing in Academic Text in An EFL Context. Journal of Foreign Language Teaching & Learning. 1(2). 34-45

Wirayuda, I.G.A., Tantra, D.K., & Ratminingsih, N.M. 2022. The Effect of Pattern Technique on the Students’ Writing Competency Viewed from Text Types. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia. 10(2). 116-124. Doi: 10.23887/jpbi.v10i2.1042

Published

2024-04-05

How to Cite

Ekorini, P. Z., & Anita Budi Rahayu. (2024). PARAGRAPH PATTER N DAN WRITING: SEBUAH STUDI KONSEPTUAL UNTUK MENGETAHUI PENTINGNYA PEMAHAMAN SEORANG PENULIS TERHADAP PARAGRAPH PATTERN DALAM MENULIS SEBUAH TEKS. Dharma Pendidikan, 20(1), 13–22. https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.510