MODUL LARAS BAHASA PERGURUAN TINGGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATA KULIAH BAHASA INDONESIA SEBAGAI PENGAYAAN SUMBER BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v14i2%20Oktober.3Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul laras bahasa perguruan tinggi berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam bentuk buku ajar yang efektif dan praktis untuk dapat digunakan sebagai buku referensi mahasiswa dalam proses belajar mengajar Bahasa Indoesia. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang merupakan salah satu model pengembangan dalam penelitian untuk mengembangkan suatu produk. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap sesuai dengan namanya yang merupakan singkatan dari Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan (1) Pengembangan modul laras bahasa perguruan tinggi pada mata kuliah Bahasa Indonesia berbasis PBL menerapkan model pengembangan ADDIE. (2) Kualitas modul laras bahasa perguruan tinggi pada mata kuliah Bahasa Indonesia yang dikembangkan sebagai berikut. (a) Ditinjau dari aspek kevalidan, diperoleh skor rata-rata 4,11 yang termasuk dalam kategori valid. (b) Ditinjau dari aspek efektivitas, mean antara kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol didapatkan informasi bahwa 81,20 > 78,63 sehingga hasil uji kelas eksperimen dinyatakan lebih efektif dibandingkan kelas kontrol. (c) Ditinjau dari aspek kepraktisan, didapatkan hasil respon mahasiswa terhadap modul juga baik dengan rata-rata 4,22 yang temasuk aktegori baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan praktis, yaitu modul efektif digunakan pada kegiatan pembelajaran.
Downloads
References
Alwi, Hasan,dkk. 2014. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Daryanto.2013.Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Nasution, S.2013.Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Prastowo, Andy.2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Yogyakarta: Diva Press.
Safa’udin, M., Lestari, F., & Yannuansa, N. (2018). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Matematika SMPN Se-kabupaten Nganjuk Tahun 2016/2017. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 29 - 34. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.11974
Suprijono, A.2016. Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syamsuddin dan Damaianti, Vismaia. 2015 .Metode Penelitian Pendidikan Bahasa.Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Downloads
Published
Versions
- 2021-10-06 (2)
- 2021-10-06 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Achmad Tantowi Aziz, Puput Zuli Ekorini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0