Pengaruh Kesulitan Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Rejoso

Penulis

  • hariyono hariyono STKIP PGRI Nganjuk

Kata Kunci:

kesulitan belajar, pembelajaran jarak jauh, minat belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimanakah kesulitan belajar siswa melalui pembelajaran jarak jauh kelas X IPS 4 di SMA Negeri 1 Rejoso 2) Untuk mengetahui bagaimanakah minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 4 di SMA Negeri 1 Rejoso 3) Untuk mengetahui apakah kesulitan pembelajaran jarak jauh dapat mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Rejoso Tahun 2020/2021.Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu kesulitan belajar siswa pembelajaran jarak jauh, sedangkan variabel terikatnya yaitu minat belajar. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Rejoso . Populasi penelitian yaitu kelas X IPS 4 sebanyak 36 siswa, sedangkan sampel yaitu keseluruhan kelas X IPS 4. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan dengan angket sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data korelasi. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% dengan diperoleh nilai rhitung = 0.755 dan rtabel = 0.329, maka rhitung > rtabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga Kesulitan Belajar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Dapat Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Rejoso

Referensi

Edy Syahputra, S. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.

Eddy Roflin, I. A. (2021). POPULASI, SAMPEL, VARIABEL. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Farida Maulana, 2020. skripsi " Problematika Penggunaan Google Classroom Sebagai Sarana Pembelajaran Akibat Pandemi covid-19 Terhadap Motivasi Belajar IPA di SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020". (IAIN SALATIGA). Diporeleh tanggal 18 April 2021

HAKIM, D. T. (2000). Belajar secara Efektif. Jakarta: PUSTAKA PEMBANGUNAN SWADAYA NUSANTARA.

Imron. (2019, juni). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif pada CV. Mauble Berkah Tangerang. Indonesia Journal on Software Engineering, vol.5, No. 1, 19-28. diporeleh tanggal 18 april 2021, dari sumber https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/view/5861

Indri Rahmawati, 2020. Skripsi "Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Evaluasi Belajar Siswa pada Siswa kelas IV MI MA'RIF KutowinanguKecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran2019/2020" ( IAIN SALATIGA). Diporeleh tanggal 18 April 2021, dari sumber http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9928/1/Indri%20Rahmawati_23040160090_PGMI.pdf

Lexy J, M. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Medan: PT Remaja Rosdakarya.

Permana R (Ed).(2020).Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan.Tasikmalaya:Edu Pubusher

SARWA, S. M. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh : Konsep,Masalah dan Solusi. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Sa’ud, Udin Syaefudin dan Abin Syamsudin Makmun. 2011. Perencanaan

Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakary

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sodik, D. S. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Kediri: Literasi Media Publishing.

Sugiyono, (2012), Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-02

Cara Mengutip

hariyono, hariyono. (2022). Pengaruh Kesulitan Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Rejoso . Dharma Pendidikan, 16(3), 184 - 192. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/443