Pengaruh Pemanfaatan Situs Google Sebagai Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Rejoso
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v16i3.410Keywords:
pemanfaatan situs google, prestasi belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1). Agar mengetahui pemanfaatan situs google untuk sumber belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Rejoso . 2). Agar mengetahui prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Rejoso . 3). Agar mengetahui pengaruh pemanfaatan situs google sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Rejoso . Penelitian ini merupakan penelitian korelasi sebab akibat dengan menggunakan pendekataan kuantitatif. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Rejoso . Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan situs google sebagai sumber belajar sedangkan Variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar.Populasi penelitian Kelas X IPS sebanyak 144 siswa. Sampel penelitian yaitu Kelas X IPS 3 sebanyak 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling.. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi nilai rapot sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data korelasi chi kuadrat. Berdasarkan hasil analisis xtabel pada db=4 untuk taraf signifikan 5% yaitu 9,488 dan pada db-4 untuk taraf sidnifikan 1% yaitu 13,277 nilai chi kuadrat (rxy) lebih besar dari nilai r tabel (xtabel) tersebut yakni 14,161>9,488. Hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima, artinya ada pengaruh pemanfaatan situs google sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa X IPS 3 SMA Negeri 1 Rejoso .
Downloads
References
Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Cet 1 ; Jakarta . Bp Panca Usaha, 2003
Riyanto. 2012. Pemanfaatan Internet Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X (Studi Ksus Pada Kompetensi Keahlian Elektronika Industry Di Smk Muda Patria Kalasan ),(Online),( Http://Eprints.Uny.Ac.Id/8853/1/JURNAL%20SKRIPSI.Pdf diakses 3 juni 2021).
Sardiman A. M. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 hariyono hariyono
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0