Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021

Penulis

  • Ririn Tiara Sari mahasiswa

Kata Kunci:

Model pembelajaran Problem Based Learning, media video animasi powtoon, hasil belajar siswa

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan model pembelajaran Problem Based Learning, 2) untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Video Animasi Powtoon, 3) untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar dengan adanya penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Video Animasi Powtoon pada materi SPLDV siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu True Experimental Desain dengan desain penelitian Post-test Only Control Design. Variabel bebas yang pertama adalah Problem Based Learning, Variabel bebas yang kedua adalah media video animasi Powtoon, dan variabel terikat adalah hasil belajar. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu kelas VIII sebanyak 288 siswa. Sedangkan sampel yang terpilih yaitu kelas VIII-A sebanyak 32 siswa dan kelas VIII-E sebanyak 32 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik t-tes. Setelah peneliti mengadakan penelitian mengguanakan metode diatas, selanjutnya peneliti menganalisis data hasil penelitian dengan rumus t-test. Sebelum menguji dengan t-test terlebih dahulu melakukan uji analisis data awal yaitu normalitas dan homogenitas dengan nilai UH genap. Uji T menggunakan nilai post-test. Setelah dianalisis hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai Thitung = 5,315 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan Ttabel = 1,998 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian Thitung > Ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Video Animasi Powtoon terhadap pelajaran Matematika pada materi SPLDV siswa kelas VIII SMPN 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021.

Referensi

Aini, A. Z., & Yekti, S. M. P. (2018). Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Kuliah Analisa Vektor Sebagai Sumber Belajar Mandiri. Dharma Pendidikan, 13(2), 1-12.

Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arends, Richard. (2008). Learning to Teach. Penerjemah: Helly Prajitno & Sri Mulyani. New York: McGraw Hill Company.

Hudoyo, Herman. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, (Malang : Universitas Negeri Malang, 2003), h.123

Mafitasari,Suci rohayati, (2017). Pengembangan media pembelajaran Powton sebagai bahan pengamatan dalam imlementasi pendekatan saintifik pembelajaran dasar-dasar perbankan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nurfarida, Yunita. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di MTS Darul Hikmah Tawangsari. IAIN Tulungagung. Jurnal Publikasi.

Patmaningrum, Agustin. (2017). Upaya Memanfaatkan Alat Peraga Agar Pembelajaran Matematika Menyenangkan. Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Sinar Grafida, 2009), hal. 3

Utrifani, A., & Turnip, B.M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Larning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Kinematika Gerak Lurus Kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P.2013/2014. Jurnal Inpafi, 2 (2) 9-16.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-17

Cara Mengutip

Ririn Tiara Sari. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Dharma Pendidikan, 16(2), 59 - 68. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/179