Penerapan model pembelajaran quiz team Berbasis daring terhadap hasil belajar siswa Pada mata pelajaran ekonomi bisnis Kelas X OTKP SMK Negeri 2 Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v16i3.433Keywords:
Quiz Team Berbasis Daring, Hasil BelajarAbstract
Tujuan peneltian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Pembelajaran Quiz Team Berbasis Daring pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis, (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model Pembelajaran Quiz Team Berbasis Daring pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis, (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah menggunakan Pembelajaran Quiz Team Berbasis Daring pada mata pelajaran ekonomi bisnis Siswa Kelas X OTKP SMK Negeri 2 NGANJUK . Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan one group design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Nganjuk . Populasi penelitian yaitu kelas X OTKP yang berjumlah 108 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X OTKP-3 sejumlah 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes .Berdasarkan hasil nilai tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata dari sebelum menggunakan model Pembelajaran Quiz Team Berbasis Daring 70 dan hasil nilai tes menggunakan model Pembelajaran Quiz Team Berbasis Daring 79, menunjukkan bahwa hasil tersebut dikategorikan baik. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Db = 35 nilai ttable = 17,076 dan thitung = 2,021, maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga "Ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah menggunakan model Pembelajaran Quiz Team Berbasis Daring terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis siswa Kelas X OTKP SMK NEGERI 2 NGANJUK ”.
Downloads
References
Bintara, A. C. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Berbantuan Question Card Terhadap Peningkatan Hasil Belajar (Doctoral Dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Cintiasih, T. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Iii Sd Ptq Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020.
Indonesia, P. G. R. Penerapan Metode Aktif Team Quiz Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri H. Wukirsari Tahun Pelajaran 2014/2015.
Kusumawardani, C. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V MIN 10 Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Sugyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: IKAPI.
Pujiningsih, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Quiz Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas V Mata Pelajaran SKI Di MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2019/2020”. Skripsi Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Kudus, 2019 (Doctoral Dissertation, IAIN Kudus).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Suharto Suharto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0