Peningkatan Kemampuan Analisis Mahasiswa Menggunakan Model Saintifik Berbantuan Google Classroom Di Era Pandemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Ipa
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v15i2.132Keywords:
Covid-19, Google Classroom, Kemampuan Analisis, Model Saintifik, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan analisis mahasiswa menggunakan model saintifik di era pandemi covid-19 berbantuan google classroom pada mata kuliah Dasar-Dasar IPA. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang berdasarkan pada rerata persentase klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan analisis data mahasiswa mengalami peningkatan pada ketiga siklus, yaitu sebanyak (5%) dari siklus I ke siklus II dan sebanyak (15 %) dari siklus II ke siklus III. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah google classroom dapat dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan kemampuan analisis mahasiswa dalam belajar secara daring di era pandemi covid-19.
Downloads
References
Deden Sutrisna. 2018. Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 69–78. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544 .
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Nirfayanti Dan Nurbaeti. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Google
Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, Volume 2 Nomor 1, Februari 2019, ISSN 26158132 (Cetak), ISSN 26157667 (Online).
Reginasari dan Anisa. 2018. Menggali Pengalaman Menggunakan Teknologi
Berbasis Internet Dalam Mempersiapkan Indonesia Menuju Industri 4.0. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan Volume 11, Nomor 3, Desember 2018.
Sabran dan Edy Sabara. 2019. Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, ISBN : 978-602-5554-71-1.
Swita Amallia. 2019. Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal Wacana Volume 18 No. 2, Desember 2019, hlm. 225 – 233.
Winarni. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Salatiga: Widyasari.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Imega Syahlita Dewi , Purwo Adi Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0