Peningkatan Kemampuan Analisis Mahasiswa Menggunakan Model Saintifik Berbantuan Google Classroom Di Era Pandemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Ipa

Authors

  • Imega Syahlita Dewi STKIP PGRI Nganjuk
  • Purwo Adi Nugroho STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v15i2.132

Keywords:

Covid-19, Google Classroom, Kemampuan Analisis, Model Saintifik, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan analisis mahasiswa menggunakan model saintifik di era pandemi covid-19 berbantuan google classroom pada mata kuliah Dasar-Dasar IPA. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang berdasarkan pada rerata persentase klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan analisis data mahasiswa mengalami peningkatan pada ketiga siklus, yaitu sebanyak (5%) dari siklus I ke siklus II dan sebanyak (15 %) dari siklus II ke siklus III. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah google classroom dapat dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan kemampuan analisis mahasiswa dalam belajar secara daring di era pandemi covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Deden Sutrisna. 2018. Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 69–78. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544 .

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Nirfayanti Dan Nurbaeti. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Google

Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, Volume 2 Nomor 1, Februari 2019, ISSN 26158132 (Cetak), ISSN 26157667 (Online).

Reginasari dan Anisa. 2018. Menggali Pengalaman Menggunakan Teknologi

Berbasis Internet Dalam Mempersiapkan Indonesia Menuju Industri 4.0. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan Volume 11, Nomor 3, Desember 2018.

Sabran dan Edy Sabara. 2019. Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, ISBN : 978-602-5554-71-1.

Swita Amallia. 2019. Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal Wacana Volume 18 No. 2, Desember 2019, hlm. 225 – 233.

Winarni. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Salatiga: Widyasari.

Published

2021-10-07

How to Cite

Dewi , I. S., & Nugroho, P. A. . (2021). Peningkatan Kemampuan Analisis Mahasiswa Menggunakan Model Saintifik Berbantuan Google Classroom Di Era Pandemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Ipa. Dharma Pendidikan, 15(2), 10–18. https://doi.org/10.69866/dp.v15i2.132