Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Aktivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan Ipa Stkip Pgri Nganjuk Pada Mata Kuliah Ipa Terpadu

Authors

  • Imega Syahlita Dewi STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v13i2.76

Keywords:

Aktivitas Belajar Mahasiswa, Kemampuan Berpikir Kritis, Penelitian Tindakan Kelas, Problem Based Learning

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan IPA pada mata kuliah IPA Terpadu di STKIP PGRI Nganjuk. Jenis  Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah penelitian terdiri dari: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi dan 4) Refleksi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berdasarkan pada rerata persentase klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada siklus I dan siklus II, yakni pada siklus I kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebesar 52,88 % dan pada siklus II sebesar 71,15 %. Aktivitas belajar mahasiswa dalam penelitian ini meliputi dua indikator yaitu berkomunikasi secara tertulis (membuat resume) dan berkomunikasi secara lisan (diskusi dan presentasi), menunjukkan bahwa berkomunikasi secara tertulis (membuat resume) pada siklus I sebesar 70,07% meningkat menjadi 81,84% pada siklus II, serta hasil peningkatan juga terjadi untuk indikator berkomunikasi secara lisan (diskusi dan presentasi) sebesar 2,61% pada siklus I meningkat menjadi 3,17% pada siklus II, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar mahasiswa. Implikasi hasil penelitian dapat digunakan sebagai acuan, masukan serta saran dalam melaksanakan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akinoglu, O. & Tandogan, R.O. 2007. The effects of problem based learning in science education on students academic achievement, attitude and concept learning. Eurasia journal of mathematics, sciense & technology education, 3 (1): 71-81

Campbell, Neil. 2008, Biologi Jilid 1 Edisi Kedelapan, Jakarta: Erlangga.

Dakir. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Facione, Peter A. 2015. Critical Thinking: What It Is and Why It counts. Measured Reasons LLC, Hermosa Beach, CA. Journal. ISBN 13: 978-1-891557-07-1.

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hasratuddin. 2008. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Medan: Universitas Medan.

Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Jufri, Wahab. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Rineka Cipta.

Kharisma, Redaksi. 2005. UU SISDIKNAS 2003 (UU RI NO. 20 Th. 2003). Solo: CV. Kharisma.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nuryani. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Nurhadi, Senduk Gerrad., dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Penerapannya. Malang: Universitas Negeri Malang.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Pedoman Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik. Jakarta: Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014.

Rahmatiah. 2014. Mengasah Kreativitas dengan IPA Terpadu. Sulawesi Selatan: Artikel EBuletin LPMP Sulsel ISSN 2355-3189.

Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan

Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Winarni. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Salatiga: Widyasari.

Published

2021-10-05

How to Cite

Dewi , I. S. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Aktivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan Ipa Stkip Pgri Nganjuk Pada Mata Kuliah Ipa Terpadu. Dharma Pendidikan, 13(2), 56–68. https://doi.org/10.69866/dp.v13i2.76