Profil Kemampuan Analisis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ilmu Pengetahuan Lingkungan Saat Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v16i1.173Keywords:
Pembelajaran Jarak Jauh, Profil Kemampuan Analisis, Covid-19, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan analisis mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Pengetahuan Lingkungan saat pembelajaran jarak jauh di era pandemi covid-19. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memfokuskan pada proses dan hasil belajar mahasiswa sebanyak tiga siklus. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang berdasarkan pada rerata persentase klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kemampuan analisis mahasiswa mengalami peningkatan pada ketiga siklus. Pada siklus I perolehan prosentase sebanyak 75%, siklus II sebanyak 78% dan siklus III sebanyak 83%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah profil kemampuan analisis mahasiswa dapat tetap terlatih meskipun pembelajaran dilakukan secara jarak jauh di era pandemi covid-19.
Downloads
References
Firman dan Sari Rahayu Rahman. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), Volume 02, No 02 Maret 2020, ISSN 2622-6197 (Online) ISSN 2655-4402 (Cetak).
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001
Winarni. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Salatiga: Widyasari.
Winarti. 2015. Profil Kemampuan Berpikir Analisis Dan Evaluasi Mahasiswadalam Mengerjakan Soalkonsep Kalor. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, Volume 2, Nomor 1, Mei 2015.
Yee Mei Heong, Widad Binti Othman, JailaniBin Md Yunos. 2011. The Level of MarzanoHigher Order Thinking Skills Among Technical Education Students, International Journal of Social Science and Humanity, Vol. 1, No. 2, July 2011.
Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM. https://doi.org/10.1145/986213.986216.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Imega Syahlita Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0