Profil Kemampuan Analisis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ilmu Pengetahuan Lingkungan Saat Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Imega Syahlita Dewi STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v16i1.173

Keywords:

Pembelajaran Jarak Jauh, Profil Kemampuan Analisis, Covid-19, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan analisis mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Pengetahuan Lingkungan saat pembelajaran jarak jauh di era pandemi covid-19. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memfokuskan pada proses dan hasil belajar mahasiswa sebanyak tiga siklus. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang berdasarkan pada rerata persentase klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kemampuan analisis mahasiswa mengalami peningkatan pada ketiga siklus. Pada siklus I perolehan prosentase sebanyak 75%, siklus II sebanyak 78% dan siklus III sebanyak 83%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah profil kemampuan analisis mahasiswa dapat tetap terlatih meskipun pembelajaran dilakukan secara jarak jauh di era pandemi covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firman dan Sari Rahayu Rahman. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), Volume 02, No 02 Maret 2020, ISSN 2622-6197 (Online) ISSN 2655-4402 (Cetak).

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Winarni. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Salatiga: Widyasari.

Winarti. 2015. Profil Kemampuan Berpikir Analisis Dan Evaluasi Mahasiswadalam Mengerjakan Soalkonsep Kalor. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, Volume 2, Nomor 1, Mei 2015.

Yee Mei Heong, Widad Binti Othman, JailaniBin Md Yunos. 2011. The Level of MarzanoHigher Order Thinking Skills Among Technical Education Students, International Journal of Social Science and Humanity, Vol. 1, No. 2, July 2011.

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM. https://doi.org/10.1145/986213.986216.

Published

2022-04-11

How to Cite

Dewi , I. S. (2022). Profil Kemampuan Analisis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ilmu Pengetahuan Lingkungan Saat Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi Covid-19. Dharma Pendidikan, 16(1), 1–7. https://doi.org/10.69866/dp.v16i1.173