Pembelajaran Daring Berbantuan Modul Berbasis Project Pada Mata Kuliah Manajemen Laboratorium IPA Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa

Authors

  • Imega Syahlita Dewi STKIP PGRI Nganjuk
  • Yulia Dewi Dewi Puspitasari STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v15i1.133

Keywords:

Pembelajaran Daring, Modul Berbasis Project, Hasil Belajar Kognitif

Abstract

Menurut hasil tes awal hasil belajar kognitif mahasiswa masih dalam kategori cukup. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang berdasarkan pada rerata persentase klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif mahasiswa mengalami peningkatan pada ketiga siklus, yaitu sebanyak (5%) dari siklus I ke siklus II dan sebanyak (15 %) dari siklus II ke siklus III. Adapun peningkatan pada masing-masing siklus berdasarkan rerata secara klasikal adalah sebanyak (75%) pada siklus I, (80%) pada siklus II, dan (90%) pada siklus III dengan kategori sangat baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa di era pandemi meskipun pembelajaran dilaksanakan secara daring menggunakan bantuan modul berbasis project pada mata kuliah manajemen laboratorium IPA. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah modul berbasis project dapat digunakan untuk membantu meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa dalam pembelajaran secara daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Bonny Timutiasari dkk. 2016. Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan

Modul Program Krpl untuk Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan

Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SD Islam Moh. Hatta Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume: 1 Nomor: 6 Bulan Juni Tahun 2016, Halaman: 1185—1190

Deden Sutrisna. 2018. Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 69–78. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544 .

Depdiknas. 2008. Seri Bahan Bimbingan Teknis Implementasi KTSP: Teknik Penyusunan Modul. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Departemen Pendidikan Nasional.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Nirfayanti Dan Nurbaeti. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Google

Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, Volume 2 Nomor 1, Februari 2019, ISSN 26158132 (Cetak), ISSN 26157667 (Online).

Rais, M. 2010. Project Based Learning: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft Skills. Disajikan sebagai Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri

Surabaya.

Reginasari dan Anisa. 2018. Menggali Pengalaman Menggunakan Teknologi

Berbasis Internet Dalam Mempersiapkan Indonesia Menuju Industri 4.0. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan Volume 11, Nomor 3, Desember 2018.

Sabran dan Edy Sabara. 2019. Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, ISBN : 978-602-5554-71-1.

Swita Amallia. 2019. Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal Wacana Volume 18 No. 2, Desember 2019, hlm. 225 – 233.

Thomas, J. W. 2000. A Review of Research on Project Based Learning. The Autodesk Foundation: California

Published

2021-10-07

How to Cite

Dewi , I. S., & Dewi Puspitasari, Y. D. (2021). Pembelajaran Daring Berbantuan Modul Berbasis Project Pada Mata Kuliah Manajemen Laboratorium IPA Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Dharma Pendidikan, 15(1), 22–33. https://doi.org/10.69866/dp.v15i1.133