Pembelajaran Daring Berbantuan Modul Berbasis Project Pada Mata Kuliah Manajemen Laboratorium IPA Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v15i1.133Keywords:
Pembelajaran Daring, Modul Berbasis Project, Hasil Belajar KognitifAbstract
Menurut hasil tes awal hasil belajar kognitif mahasiswa masih dalam kategori cukup. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang berdasarkan pada rerata persentase klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif mahasiswa mengalami peningkatan pada ketiga siklus, yaitu sebanyak (5%) dari siklus I ke siklus II dan sebanyak (15 %) dari siklus II ke siklus III. Adapun peningkatan pada masing-masing siklus berdasarkan rerata secara klasikal adalah sebanyak (75%) pada siklus I, (80%) pada siklus II, dan (90%) pada siklus III dengan kategori sangat baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa di era pandemi meskipun pembelajaran dilaksanakan secara daring menggunakan bantuan modul berbasis project pada mata kuliah manajemen laboratorium IPA. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah modul berbasis project dapat digunakan untuk membantu meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa dalam pembelajaran secara daring.
Downloads
References
Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Bonny Timutiasari dkk. 2016. Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan
Modul Program Krpl untuk Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan
Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SD Islam Moh. Hatta Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume: 1 Nomor: 6 Bulan Juni Tahun 2016, Halaman: 1185—1190
Deden Sutrisna. 2018. Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 69–78. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544 .
Depdiknas. 2008. Seri Bahan Bimbingan Teknis Implementasi KTSP: Teknik Penyusunan Modul. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Departemen Pendidikan Nasional.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Nirfayanti Dan Nurbaeti. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Google
Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, Volume 2 Nomor 1, Februari 2019, ISSN 26158132 (Cetak), ISSN 26157667 (Online).
Rais, M. 2010. Project Based Learning: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft Skills. Disajikan sebagai Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri
Surabaya.
Reginasari dan Anisa. 2018. Menggali Pengalaman Menggunakan Teknologi
Berbasis Internet Dalam Mempersiapkan Indonesia Menuju Industri 4.0. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan Volume 11, Nomor 3, Desember 2018.
Sabran dan Edy Sabara. 2019. Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, ISBN : 978-602-5554-71-1.
Swita Amallia. 2019. Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal Wacana Volume 18 No. 2, Desember 2019, hlm. 225 – 233.
Thomas, J. W. 2000. A Review of Research on Project Based Learning. The Autodesk Foundation: California
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Imega Syahlita Dewi , Yulia Dewi Dewi Puspitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0