Penerapan Metode Guided Inquiry Disertai Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPA STKIP PGRI Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v12i1.32Keywords:
Guided Inquiry, Mind Mapping, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pendidikan ipa dengan menerapkan metode pembelajaran Guided Inquiry disertai Mind Mapping. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis deskriptif. Validasi data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian membuktikan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran Guided Inquiry disertai Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pendidikan ipa. Rata-rata persentase capaian setiap indikator motivasi belajar mahasiswa berdasarkan angket siklus I, II, dan III (69,91%, 72,92%, dan 77,93%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Guided Inquiry disertai Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pendidikan ipa.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Bilgin, Ibrahim. 2009. The Effects Of Guided Inquiry Instruction Incorporating a Cooperative Learning Approach on University Students’ Achievement of Acid and Bases Concepts and Attitude Toward Guided Inquiry Instruction. Scientific Research and Essay Vol. 4, 1038-1046.
Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Map®. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Dahar, R.W. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
DePorter, Bobbi. & Hernacki, Mike. 2011.Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Douglas, E.P. & Chiu, Chu-Chuan. 2009. Use of Guided Inquiry As an Active Learning Technique in Engineering. Proceedings of the Research in Engineering Education Symposium, 1-6.
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Silberman, Mel. 2002. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Terjemahan Sarjuli, et al. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Wahyudin, Sutikno dan Isa, A. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Purwo Adi Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0