Penerapan Metode Guided Inquiry Disertai Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPA STKIP PGRI Nganjuk

Penulis

  • Purwo Adi Nugroho

Kata Kunci:

Guided Inquiry, Mind Mapping, Motivasi Belajar

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pendidikan ipa dengan menerapkan metode pembelajaran Guided Inquiry disertai Mind Mapping. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis deskriptif. Validasi data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian membuktikan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran Guided Inquiry disertai Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pendidikan ipa. Rata-rata persentase capaian setiap indikator motivasi belajar mahasiswa berdasarkan angket siklus I, II, dan III (69,91%, 72,92%, dan 77,93%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Guided Inquiry disertai Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pendidikan ipa.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bilgin, Ibrahim. 2009. The Effects Of Guided Inquiry Instruction Incorporating a Cooperative Learning Approach on University Students’ Achievement of Acid and Bases Concepts and Attitude Toward Guided Inquiry Instruction. Scientific Research and Essay Vol. 4, 1038-1046.

Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Map®. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dahar, R.W. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

DePorter, Bobbi. & Hernacki, Mike. 2011.Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Douglas, E.P. & Chiu, Chu-Chuan. 2009. Use of Guided Inquiry As an Active Learning Technique in Engineering. Proceedings of the Research in Engineering Education Symposium, 1-6.

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Silberman, Mel. 2002. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Terjemahan Sarjuli, et al. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Wahyudin, Sutikno dan Isa, A. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-05

Cara Mengutip

Nugroho, P. A. . (2021). Penerapan Metode Guided Inquiry Disertai Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPA STKIP PGRI Nganjuk . Dharma Pendidikan, 12(1), 105 - 110. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/32