This is an outdated version published on 2023-02-24. Read the most recent version.

STUDI KOMPARATIF ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PEMANASAN GLOBAL DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKOMORO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Siti Nuremi STKIP PGRI NGANJUK
  • Imega Syahlita Dewi
  • Hendrik Pratama

Keywords:

model pembelajaran Problem Solving, model pembelajaran Reciprocal Teaching, hasil belajar siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar IPA materi pemanasan global dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving, untuk mengetahui hasil belajar IPA materi pemanasan global dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching,  untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA materi pemanasan global antara menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan Reciprocal Teaching pada kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain one-group posttest-only. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Sukomoro Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 288 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII-D sejumlah 32 siswa dan kelas VII-E sejumlah 32 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random/ acak dari sebuah populasi. Teknik pengumpulan data dengan teknik tertulis dan dokumentasi.  Kelas VII-D sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII-E sebagai kelas eksperimen 2. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis komparatif jenis statistik parametik uji-t. Berdasarkan hasil nilai tes. Siswa kelas eksperimen 1 menunjukkan nilai rata-rata posttest 79,13 yang menunjukkan kategori baik dalam kreteria hasil nilai tes, sedangkan siswa kelas eksperimen 2 menunjukkan nilai rata-rata posttest 70,37 yang menunjukkan kategori cukup baik dalam kreteria hasil nilai tes. Berdasarkan hasil analisis data yang sudah berdistribusi normal dan homogen diketahui nilai sig. (2-tailed) 0.001 < 0.05 maka  ditolak dan  diterima. Sehingga dalam penelitian ini “ada perbedaan hasil belajar IPA materi pemanasan global antara menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan Reciprocal Teaching pada kelas VII SMP Negeri 1 Sukomoro Tahun Pelajaran 2019/2020”.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-02-24

Versions

How to Cite

Nuremi, S., Syahlita Dewi, I., & Pratama, H. . (2023). STUDI KOMPARATIF ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PEMANASAN GLOBAL DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKOMORO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Journal of Natural Science and Aplication, 1(1). Retrieved from https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/465

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>