Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi PPKN STKIP PGRI Nganjuk Melalui Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19

Penulis

  • Achmad Tantowi Azis STKIP PGRI Nganjuk

Kata Kunci:

Kemandirian belajar, pandemi Covid-19, Pembelajaran daring

Abstrak

Masa Pademi covid-19 telah mengubah paradigma pembelajaran secara konvensional menjadi pembelajaran jarak jauh melalui pembelajaran daring. Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatif sebagai solusi mengatasi Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran daring pada program studi PPKn STKIP PGRI Nganjuk  sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 di Perguruan Tinggi. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi PPKn STKIP PGRI Nganjuk. Data dikumpulkan dengan wawancara melalui aplikasi zoom meeting. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mahasiswa telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan untuk mengikuti pembelajaran daring; (2) pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong munculnya kemandirian belajar   dan   motivasi   untuk   lebih   aktif   dalam   belajar;   dan  (3) pembelajaran jarak jauh mendorong munculnya perilaku social distancing dan meminimalisasi munculnya keramaian dan kerumunan mahasiswa sehingga dianggap dapat mengurangi potensi penyebaran Covid-19 di lingkungan perguruan tinggi. Tantangan dan beberapa kendala dalam pembelajaran daring adalah lemahnya pengawasan terhadap mahasiswa, kurang kuatnya sinyal di daerah pelosok, dan mahalnya biaya kuota. Sedangakn kelebihannya adalah meningkatkan kemandirian belajar, minat dan motivasi, keberanian mengemukakan gagasan dan pertanyaan.

Referensi

Kumar, V., & Nanda, P. (2018). Social Media in Higher Education. International Journal of Information and Communication Technology Education. https://doi.org/10.4018/ijicte.2019010107

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1)

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

Rahadian, D. (2017). Teknologi informasi dan komunikasi (tik) dan kompetensi teknologi pembelajaran untuk pengajaran yang berkualitas. TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 2(1).

Rothan, H. A., & Byrareddy, S. N. (2020). The epidemiology and pathogenesis of coronavirus disease (COVID-19) outbreak. Journal of Autoimmunity. https ://doi.org/ 10.1016/j.jaut.2020.102433

Yandwiputra, A. R. (n.d.). Kuliah Jarak Jauh karena Virus Corona, UI: Bukan Lockdown. Retrieved from https://metro.tempo.co/read/1319537/kuliah-jarak- jauh-karena-virus- corona-ui-bukan-lockdown

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning?Communications of the ACM. https://doi.org/10.1145/986213.986216

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-07

Cara Mengutip

Azis, A. T. . (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi PPKN STKIP PGRI Nganjuk Melalui Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19. Dharma Pendidikan, 15(2), 83 - 92. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/92