Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Biografi Bermuatan Nilai-Nilai Nasionalisme Bagi Siswa Kelas VIII MTs Al Amin Ngetos Kabupaten Nganjuk

Authors

  • Achmad Tantowi Azis STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v12i2.33

Keywords:

Buku Pengayaan, Nasionalisme, Teks Biografi

Abstract

Buku pengayaan menulis teks biografi bermuatan nilai-nilai nasionalisme sebagai pendamping buku teks pelajaran dirasa penting. Hal tersebut dikarenakan buku pengayaan menulis teks biografi bermuatan nilai-nilai nasionalisme dapat mempermudah siswa dalam memahami materi biografi, dan diharapkan siswa mampu menulis teks teks biografi sesuai dengan struktur teks biografi. Adapun pengintegrasian nilai-nilai nasionalisme dalam pengembangan buku pengayaan ini dimaksudkan agar siswa mampu meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, serta mampu mengkaji dan menginternalisasi nilai-nilai nasionalisme sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode research and development. Buku pengayaan menulis teks biografi bermuatan nilai-nilai nasionalisme bagi siswa kelas VIII MTS Al Amin Ngetos, Kabupaten Nganjuk dinyatakan efektif guna membimbing siswa dalam menulis teks biografi bermuatan nilai-nilai nasionalisme.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin. Y. 2012.Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Isnatun Siti dan Farida Umi.2013.Mahir Berbahasa Indonesia 2 Kelaas VIII SMP. Bogor: Yudhistira.

MN Irawan, Aguk. 2008.Cara Asyik menjadi Penulis Beken.Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Sitepu, B.P. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Penedekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Published

2021-10-05

How to Cite

Azis, A. T. . (2021). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Biografi Bermuatan Nilai-Nilai Nasionalisme Bagi Siswa Kelas VIII MTs Al Amin Ngetos Kabupaten Nganjuk. Dharma Pendidikan, 12(2), 1–8. https://doi.org/10.69866/dp.v12i2.33