Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Biografi Bermuatan Nilai-Nilai Nasionalisme Bagi Siswa Kelas VIII MTs Al Amin Ngetos Kabupaten Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v12i2.33Keywords:
Buku Pengayaan, Nasionalisme, Teks BiografiAbstract
Buku pengayaan menulis teks biografi bermuatan nilai-nilai nasionalisme sebagai pendamping buku teks pelajaran dirasa penting. Hal tersebut dikarenakan buku pengayaan menulis teks biografi bermuatan nilai-nilai nasionalisme dapat mempermudah siswa dalam memahami materi biografi, dan diharapkan siswa mampu menulis teks teks biografi sesuai dengan struktur teks biografi. Adapun pengintegrasian nilai-nilai nasionalisme dalam pengembangan buku pengayaan ini dimaksudkan agar siswa mampu meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, serta mampu mengkaji dan menginternalisasi nilai-nilai nasionalisme sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode research and development. Buku pengayaan menulis teks biografi bermuatan nilai-nilai nasionalisme bagi siswa kelas VIII MTS Al Amin Ngetos, Kabupaten Nganjuk dinyatakan efektif guna membimbing siswa dalam menulis teks biografi bermuatan nilai-nilai nasionalisme.
Downloads
References
Abidin. Y. 2012.Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Isnatun Siti dan Farida Umi.2013.Mahir Berbahasa Indonesia 2 Kelaas VIII SMP. Bogor: Yudhistira.
MN Irawan, Aguk. 2008.Cara Asyik menjadi Penulis Beken.Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.
Sitepu, B.P. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Penedekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Achmad Tantowi Azis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0