Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Dalam Komunikasi Melalui Media Sosial Whatsapp Sebagai Upaya Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik

Penulis

  • Achmad Tantowi Azis STKIP PGRI Nganjuk

Kata Kunci:

kesantunan berbahasa Indonesia, mahasiswa, media sosial whatsapp

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dalam komunikasi melalui media sosial whatsapp yang dilakukan mahasiswa. Salah satu tanda penggunaan bahasa Indonesia yang baik adalah mahasiswa dapat bertutur secara santun dengan memerhatikan situasi dan kondisi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi. Dalam penelitian ini, ditemukan mahasiswa dapat bertutur santun di dalam media sosial whatsapp kepada dosen. Kesantunan ini ditandai dengan mengucapkan salam atau penggunaan maaf di awal pesan, penggunaan bentuk hormat seperti panggilan Bapak, Pak, dan adanya campur kode berupa penggunaan bentuk bahasa jawa krama.

Referensi

Brown, Gillian & Yule, Goerge. 1996. Discourse Analysis. Cambridge: Cambridge University Press.

Brown, Penelope & Levinson, Stephen. 1987. Politeness Some Universal in Language Usage.

Cambridge: Cambridge University Press.

Fraser, Bruce. 1990. “Perspectives on Politeness” dalam Shoshana Blum-Kulka dan Gabriele Kasper. Jurnal of Pragmatics 14, hlm 219 - 236.

Gunarwan, Asim. 2005. “Beberapa Prinsip dalam Komunikasi Verbal: Tinjauan Sosiolinguistik dan Pragmatik” dalam Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Holmes, Janet. 2009. “Politeness Strategies as Lilnguistic Variables” dalam Jacob L Mey (Ed), Concise Encyclopedia of Pragmatics (Second Edition). Oxford: Elsevier.

Jumanto. 2011. Pragmatik Dunia Linguistik tak Selebar Daun Kelor. Semarang: World Pro. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus LInguistik (Edisi Keempat). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Leech, Geoffrey. 1983. The Principles of Pragmatics. New York: Longman Group Limited. Moeliono, Anton M. (Ed). 1997. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Balai Pustaka. Oetomo, Dede. 1987. “Linguistik dan Sosiolinguistik: Dua Ancangan terhadap Pengkajian Bahasa.

Manusia” dalam Soejono Dardjowidjojo (Ed), Linguistik: Teori dan Terapan. Jakarta: Lembaga Bahasa Unika Atma Jaya.

Pranowo. 2009. Berbahasa secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

R, Syahrul. 2008. Pragmatik Kesantunan Berbahasa: Menyibak Fenomena Berbahasa Indonesia Guru dan Siswa. Padang: UNP Press. Sofa.

Richards, Jack C. & Richard Schmidt. 2010. Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics (Fourth Edition). Edinburgh Gate.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-05

Cara Mengutip

Azis, A. T. . (2021). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Dalam Komunikasi Melalui Media Sosial Whatsapp Sebagai Upaya Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik. Dharma Pendidikan, 13(1), 1-10. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/46