PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ESP-READING COMPREHENSION BERBASIS AUDIO VIDEO UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TEKNIK OTOMOTIF

Penulis

  • Anita Budi Rahayu STKIP PGRI NGANJUK
  • Arindra Trisna Widiansyah STKIP PGRI NGANJUK

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar Reading dengan
memvisualisasikan materi reading ESP ke dalam sebuah sebuah tayangan audio video reading untuk siswa Sekolah menegah kejuruan teknik Otomotif. Desain penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R & D) yang diusulkan oleh Borg dan Gall yaitu; (1) Pengumpulan data (2) perencanaan (3) Pengembangan Produk (4) Validasi Ahli (5) Uji Coba Produk (6) Evaluasi hasil uji coba (7) Revisi Produk (8) Uji Lapangan (9) Penyempurnaan Produk Akhir. Penelitian ini dilakukan di SMK NU Pace, subyek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris dari program keahlian teknik otomotif dan siswa kelas XI program keahlian teknik otomotif SMK NU Pace terdiri dari 30 siswa. Data tahap eksplorasi diperoleh melalui melakukan analisis dokumen, melakukan wawancara, dan menyebarkan kuesioner. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kualitas materi reading dari buku pelajaran bahasa Inggris yang digunakan di SMK NU Pace. Temuan menunjukkan materi reading dari buku pelajaran di SMK NU Pace berisi materi bahasa Inggris umum dan kurang spesifik untuk digunakan bagi siswa program keahlian teknik otomotif. Peneliti menyimpulkan bahwa harus ada materi pembelajaran ESP-Reading yang  dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan guru dan siswa. Materi pembelajaran ESP-Reading dikembangkan dengan mempertimbangkan beberapa aspek yaitu teori ESP dan kebutuhan siswa. Kemudian, dievaluasi dan ditinjau melalui penilaian ahli dan diimplementasikan di kelas untuk menguji kelayakan materi. Hasil uji kelayakan menunjukan bahwa pengembangan bahan ajar ESP-reading berbasis audio video dapat meningkatkan reading comprehension siswa kelas XI SMK NU Pace. Selanjutnya, produk ini dapat diterapkan sebagai bahan ajar untuk siswa program keahlian teknik otomotif.

Referensi

Basturkmen, Helen. 2008. Ideas and Options in English for Specific Purposes. Taylor & Francise-Library.

Gall, M, D., Gall J, P., & Borg, W, R. 1983 Educational Research and Introduction; Third Edition. USA: Pearson Education

Hutchinson & Waters. 1987. English for Specific Purposes. Cambridge: Cambridge University Press.

Moreillon, Judi. 2007. Collaborative Strategies for Teaching Reading Comprehension: Maximizing Your Impact. Chicago: The American Library Association.

lestari, fajar, & Andriani, D. G. (2019). Validasi modul berbasis literasi pada mata kuliah statistika matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 36-42. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12854

Parel, Dr. M.F. and Jain. P.M. 2008. English Language Teaching. Jaipur: Sunrise Publisher & Distributor.

Richards, J. C. 2001. Curiculum Development in Language Education. Cambridge: Vambridge University Press.

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-06

Cara Mengutip

Rahayu, A. B., & Widiansyah, A. T. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ESP-READING COMPREHENSION BERBASIS AUDIO VIDEO UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TEKNIK OTOMOTIF. Dharma Pendidikan, 14(2 Oktober), 12 - 26. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/5

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama