Efektivitas Materi Reading Berbasis Website Terhadap Pembelajaran Reading Comprehension Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa

Penulis

  • Anita Budi Rahayu

Kata Kunci:

Materi berbasis Website, Motivasi, Reading Comprehension

Abstrak

Penelitian ini bertujuan; 1) untuk mengetahui apakah materi berbasis Website lebih efektif daripada buku teks untuk pembelajaran Reading Comprehension; 2) untuk mengetahui apakah siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik daripasa siswa yang memiliki motivasi rendah; 3) untuk mengetahui apakah ada interaksi antara bahan ajar dengan motivasi belajar  siswa dalam pembelajaran Reading Comprehension. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan faktorial desain 2x2. Populasi penelitian ini adalah 8 kelas yang terdiri dari 255 siswa kemudian diambil 2 kelas sebagai sampel dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Peneliti menggunakan kuisioner untuk mengukur motivasi dan soal objektif  untuk mengukur kemampuan Reading Comprehension. Data dideskripsikan dengan deskriftif statistik dengan mean, median, mode, dan deviasi standar. Untuk memenuhi uji statistik parametrik dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas mengadopsi metode Lilliefors dan uji homogenitas mengadopsi uji chi-square (χ). Data di analisa menggunakan multifactor (2X2) ANNOVA. untuk mencari perbedaan yang signifikan satu sama lain peneliti menggunakan Tukey test. Nilai kritis dalam pengujian ini adalah α = 0,05. Setelah analisa data dilakukan dapat disimpulkan bahwa; 1) Kelompok yang di ajar dengan materi berbasis Website memiliki kemampuan Reading comprehension lebih baik dibandingkan dengan siswa yang di ajar dengan buku teks; 2) Siswa dengan motivasi tinggi memiliki kemampuan reading Comprehension lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi rendah; 3) Ada interaksi antara bahan ajar dengan motivasi siswa dalam pembelajaran reading comprehension. Ini berati bahwa bahan ajar yang digunakan mempengaruhi motivasi siswa dalam pembelajaran  reading comprehension.

Referensi

Pianfetti, E.S. 2001. Teachers and technology:Digital literacy through professional develop-ment. Language Arts, 78, 255–262

Coiro, J. (2003). Reading Comprehension on the Internet: Expanding our understanding of reading comprehension to encompass new literacies. The Reading Teacher, 56, 458-464

Goodman, Watson, Burke. (1996). Reading Strategies: Focus on Comprehension: Richard C. Owen (Kotonah, New York).

Goodman, Y.M., & C. Burke. (1980). Reading Strategies: Focus on Comprehension. New York: Holt, Rinehart & Winston

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-07

Cara Mengutip

Rahayu, A. B. (2021). Efektivitas Materi Reading Berbasis Website Terhadap Pembelajaran Reading Comprehension Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Dharma Pendidikan, 15(2), 107 - 113. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/109