Modul Pembelajaran Berbasis Multi Representative Pada Mata Kuliah Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk

Penulis

  • Erdyna Dwi Etika
  • Addin Zuhrotul 'Aini STKIP PGRI NGANJUK

Kata Kunci:

Geometri, Modul, Multirepresentasi

Abstrak

Tujuan dari penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul  pembelajaran geometri berbasis Multi Representative yang valid dan praktis sehingga dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan mengambil 5 dari 10 tahapan yang ada didalamnya. Data diambil melalui validasi ahli untuk uji produk berupa Modul berbasis Multi Representative dan validasi lapangan untuk uji terbatas. Hasil penelitian adalah: (1) Hasil kelayakan modul yang divalidasi oleh validator ahli dan respon yang diberikan oleh siswa setelah pembelajaran menggunakan modul didapatkan hasil bahwa modul dengan kategori sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. (2) Keefektifan modul dapat dilihat dari tingkat keterbacaan yang tinggi serta sesuai dengan kemampuan atau penguasaan pemahaman mahasiswa terhadap modul yang dikembangkan, dalam penelitian ini yang diuji adalah keefektifan modul terhadap kemampuan berpikir kreatif. (3) Keefektifan modul dapat dilihat dari rata-rata kemampuan kreatif: (a) pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest sebesar 41,67 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 50,04 masih lebih rendah dibandingkan kelas ekperimen, (b) pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 41,48 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 73,89 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, (c) rata-rata nilai postetest kelas ekperimen > kelas kontrol yaitu 73,89 > 50,04 yang berarti kreativitas kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, pada uji paired t-test, hasil yang didapat yaitu sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 penggunaan modul geometri berbasis multirepresentasi lebih efektif.

Referensi

‘Aini, A.Z. 2015. Analisis Tingkat Berpikir Berdasarkan Teori Van Hiele Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk Ditinjau dari Kecerdasan Visual-Spasial. Makalah Seminar Nasional Matematika. FKIP UNIPA, 30 Mei 2015.

Ainsworth, S. (2006). DeFT: A Conceptual Framework For Considering Learning With Multiple Representations. Learning and Instruction. 16 (3), 183-198.

Ansyar, M. 2002. Pengembangan Kurikulum dari Materi Pelajaran ke Pengalaman Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol.1,No.8,Hlm. 28-37.

Cheng, M. and Gilbert. (2009). Towards a Better Utilization of Diagram in Research into the Use of Representative Levels in Chemical Education. Model and Modeling in Science Education Multiple Representation in Chemical Education. Springer Science & Business Media B.V. p.55-73.

Huda, C. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Treffinger pada Materi Pokok Keliling dan Luas Persegipanjang. [Online]. Tersedia http://digilib.sunan-ampel.ac.id/gdl.php mod=browse&op=read&id=jiptiain--chotmilhud-9908. Diakses 20 April 2016

Kohl, P.B., and Noah, D. F. (2008). Patern of Multiple Representation Use by Expert and Novices During Physics Problem Solving. Physical Review Spesial Topics- Physics Education Research, 2.

Mahmudi, A. 2010. Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah, Yogyakarta

Mudzakkir, H.S. 2006. Strategi Think-Talk-Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Beragam Siswa SMP. Tesis pada Pasca Sarjana UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Putra, M.I. 2016. Efektifitas Pembelajaran Statistik dengan Pendekatan Ketrampilan Multi Representasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGMI UNIPDU Jombang. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. I. No. 1. Hlm. 65-75.

Rosengrant, D., Van Heuvelen, A., and Etkina, E. (2009). Do Students use and Understand free-body diagrams?. Physical Review Spesial Topics- Physics Education Research, 5(1).

Tristiyanti, T dan Ekasatya. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi dan Recipocal Learning. Jurnal Silogisme. Vol. 1. No. 2. 4-14.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-05

Cara Mengutip

Etika, E. D., & ’Aini, A. Z. (2021). Modul Pembelajaran Berbasis Multi Representative Pada Mata Kuliah Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk. Dharma Pendidikan, 13(2), 31 - 44. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/73