Pengembangan Soal Multi Representative Berbasis Contextual Problem Dalam Konsep Geometri
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v13i1.49Keywords:
Contextual, Geometri, Multirepresentasi, SoalAbstract
Fakta yang diperoleh penulis pada saat belajar dan mengajar matematika di Perguruan Tinggi menunjukkan bahwa soal-soal matematika yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari masih rendah sehingga tidak dapat menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kreatif pada mahasiswa. Tujuan dari penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan soal Multi Representative Problem Solving Berbasis Contextual Problem pada konsep geometri yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah development research tipe formative research. Prosedur pengembangan soal dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahapan yaitu : Self Evaluation, Prototyping (validasi, evaluasi dan revisi), Field Test (Uji lapangan). Hasil penelitian ini adalah: (1) pada tahap self evaluating telah dilakukan observasi lapangan dan analisa kebutuhan dengan hasil bahwa sarana di program studi pendidikan matematika STKIP PGRI Nganjuk memadai untuk pengembangan soal multirepresentasi berbasis kontekstual, mahasiswa membutuhkan soal-soal yang menantang untuk mereka selesaikan, dan dosen sangat mendukung adanya pengembangan soal multirepresetasi berbasi kontekstual pada materi geometri; (2) pada tahap prototyping menghasilkan soal hasil validasi ahli yang dinamakan prototype 2; (3) pada tahap field testing, prototype 2 diuji cobakan pada small group yang terdiri dari 6 mahasiswa dengan hasil reliabilitas sebesar 0,82 dan berdasarkan tanggapan mahasiswa bahwa keterbacaan soal sudah baik.
Downloads
References
Abdussakir. 2009. Pembelajaran Geometri Teori Van Hiele. Jurnal Madrasah. Malang. Prodi PGMI fak Tarbiyah UIN Malang. Vol. II, no. 1.
Alhadad, Syarifah Fadillah. 2010. Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis, Pemecahan Masalah Matematis dan Self Esteem siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended. Bandung : Disertasi UPI
Ansyar, M. 2002. Pengembangan Kurikulum dari Materi Pelajaran ke Pengalaman Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (8), 28-37.
Blanchard, O. 2000. Macroeconomics. New Jersey: Prentice Hill International.
Bilgin, I & Karakirik, E. 2005. A Computer Based Problem Solving Environment in Chemistry. The Turkish Online Journal of Educational Technology. Vol4, No. 3, hlm. 7 – 11.
Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas.
Gagatsi, Christou and Elia. 2005. The Nature of Multipe Representations in Developing Mathematical Relationship. International Journal for Mathematics Teaching Learning. Quarderni Ricerca in Didattica. nl 4.
Hudiono, B. 2007. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Model Pembelajaran Kreatif untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Pontianak: Makalah FKIP UNTAN.
Hwang, Wu Yuin.,Su,J.,Huang,Y.M.,Dong,J.J. 2009. A Study of Multi Representation of Geometry Problem Solving with Virtual Manipulatives and Whiteboard System. Journal of Educational Technology and Society. 12 (3),229-247.
Krulik, S & Rudnick, J.A. 1996. The New Source for Teaching Reasoning and Problem Solving in Junior and Senior High School. Boston: Allyn and bacon.
OECD. 2012. PISA 2009 Technical Report. PISA : OECD Publishing.
Ormrod, J. 2008. Psikologi Pendidikan Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.
Rosengrant, D., Etkina, E., & Heuvelen, A.V. 2007. An Overview of Recent Research on Multiple Representations. Rutgers. The State University of New Jersey GSE, 10 Seminary Place, New Brunswick NJ.
Sumardyono. 2007. Pengertian Dasar Problem Solving. PPPPTK Matematika. Tidak diterbitkan.28 Juni 2017. http://p4tkmatematika.org/downloads/ ppp/ PPP04_aljabar SMP.pdf.
Suprijono, Agus. 2008. Proses Belajar Mengajar Teori dan Praktek. Surabaya: Unesa.
Tessmer, Martin. 1998. Panning and Conducting Formative Evaluations. Philadelpghia: Kogan Page.
Trends in Internasional Mathematics and Science Study. 2016. Math Student Achivement Infographic Grade 4. TIMSS 2015. 19 Januari 2018. http://timss2015.org/download-center.
Widjaja, Wanty. 2013. The Use Of Contextual Problems To Support Mathematical Learning. IndoMS-JME. Vol 4,No.2,151-159.
Zulkardi. 2002. Developing a Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian student teachers. Disertasi. 10 Desember 2015. http://projects.edte.utwente.nl/cascade/imei/dissertation/disertasi.html.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Erdyna Dwi Etika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0