Profil Kesalahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk Dalam Menyelesaikan Soal Teori Graf Ditinjau Dari Perbedaan Gender

Penulis

  • Erdyna Dwi Etika

Kata Kunci:

Gender, Kesalahan, Teori Graft

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk menemukan kesalahan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk dalam menyelesaikan soal teori graf ditinjau dari perbedaan gender, (2) Untuk mengetahui penyebab kesalahan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk dalam menyelesaikan soal teori graf ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan purpossive sampling. Subjek penelitian dipilih dari mahasiswa semester VI Prodi Matematika STKIP PGRI Nganjuk. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan instrumen bantu berupa soal teori graf dan pedoman wawancara. Hasil penelitian : (1) kesalahan yang ditemukan pada mahasiswa Prodi Matematika STKIP PGRI Nganjuk: (a) mahasiswa perempuan dengan kognitif tinggi melakukan kesalahan operasi mahasiswa perempuan dengan kognitif rendah melakukan kesalahan konsep dan prinsip; (b) mahasiswa laki-laki dengan kognitif tinggi melakukan kesalahan konsep dan operasi,dan mahasiswa laki-laki dengan kognitif rendah melakukan kesalahan konsep dan prinsip. (2) Penyebab kesalahan pada mahasiswa Prodi Matematika STKIP PGRI Nganjuk perempuan dan laki-laki dengan kognitif tinggi dan sedang adalah kurang memahami secara menyeluruh definisi dan teorema-teorema yang ada dalam teori graf dan tidak mampu mengaplikasikan teorema ke dalam soal.

Referensi

Bilgin, I & Karakirik, E. 2005. A Computer Based Problem Solving Environment in Chemistry. The Turkish Online Journal of Educational Technology. Vol4, No. 3, hlm. 7 – 11.

KBBI. Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di: http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php. Diakses pada tanggal 22 Maret 2016.

Krulik, S & Rudnick, J.A. 2009. The New Source for Teaching Reasoning and Problem Solving in Junior and Senior High School. Boston: Allyn and bacon.

Mustami, Muh Khalifah. 2009. Inovasi Model-Model Pembelajaran Bidang Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Lentera Pendidikan. Vol 12,No 2, Hlm 125-137.

Santrock, J. 2003. Adolescence. Jakarta: Erlangga.

Slavin, R.E. 2008. Educational Psychology: Theory and Practice. Massachusetts: Allyn and Bacon.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konstatasi Masa KiniMenuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Suryani,Yulinda Erma. 2010. Kesulitan Belajar. Jurnal Magistra. No 73, Th XXII. Tarigan,HG. 2011. Pengajaran Analisis Kealahan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Nugraheni,L dan Rahayu, S. 2014. Analisis Kesalahan Mahasiswa UNIPA Surabaya dalam

Menyelesaikan Soal Limit Barisan. ICETA S: Surabaya. Hlm.220-228.

Wirdasari,D. 2011. Teori Graf dan Implementasinya dalam Ilmu Komputer. Jurnal SAINTIKOM. Vol 10. No 1. Hlm 23-34.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-05

Cara Mengutip

Etika, E. D. (2021). Profil Kesalahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk Dalam Menyelesaikan Soal Teori Graf Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Dharma Pendidikan, 12(1), 60 - 66. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/20