Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Berbantu Modul Pembelajaran Terhadap Critical Thinking Skill Mahasiswa

Authors

  • Yulia Dewi Puspitasari STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v13i1.54

Keywords:

Critical Thinking Skill, Means-Ends Analysis, Modul Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)critical thinking skill  mahasiswa menggunakan metode konvensional, (2) hasil belajar IPA mahasiswa menggunakan model Means-Ends Analysis (MEA), (3) mengetahui efektif atau tidaknya model pembelajaranMeans-Ends Analysis (MEA) terhadap critical thinking skill mahasiswa.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain True Experimental Design Random.Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan IPA Semester 1. Pemilihan sampel dilakukan dengan random samplingyaitu dengan cara sampling klaster. Sampelnya adalah semester 1 Pend. IPA sebagai kelas eksperimen sebanyak 13mahasiswa dan semester 3 Pend. Matematika sebagai kelas kontrol sebanyak 20mahasiswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Means-Ends Analysisberbantu modul pembelajaran.Sedangkan variabel terikatnya adalah critical thinking skill mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t model polled varians dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas terlebih dahulu.

Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,640 dan ttabel = 2,000. Karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Means-Ends Analysis berbantu modul pembelajaran efektif terhadap critical thinking skill mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2001. Penyusun Butir Soal dan Instrumen Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Huda, Miftahul. 2014. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

https:/id.m.wikipedia.org/wiki/metode

http://ian-manoppo.blogspot.com/2012/03/cara-cepat-mencari-nilai-kritis-t-tabel.html(diunduh 12/4/2016)

http://dewinurel30.blogspot.co.id/2013/03/model-pembelajaran-mea.html (diunduh 8/4/2016)

http://lirikansibuta.blogspot.com/2010/04/pengertian-hipotesis.html(diunduh 8/4/2016)

http://pengertian.blogspot.com/2012/06/median-md-pengertian-contoh rumus.html#ixzz45aue1wmr (diunduh 12/4/2016)

http://www.math.unb.ca/~knight/utility/t-table.html

http://rianamuslikhah.blogspot.co.id/2015/02/gaya-belajar.html

Lidinillah, Abdul Muiz. - . Heuristik dalam Pemecahan Masalah Matematika dan Pembelajarannya di Sekolah Dasar. [ONLINE]. Tersedia: www. Docstoc. com/ docs/ 25616440/ Heuristik-Pemecahan-Masalah-dan-Pembelajarannya-di-SD. (diunduh 8/4/2016)

MGMP Matematika Kabupaten Nganjuk. 2014. Buku Kerja Siswa Matematika untuk SMP Kelas VIII Semester Genap. Nganjuk : MGMP Kabupaten Nganjuk.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar

Slameto. 2010. Belajar dan FaktorFaktor yang Mempengaruh. Jakarta : Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Published

2021-10-05

How to Cite

Puspitasari, Y. D. . (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Berbantu Modul Pembelajaran Terhadap Critical Thinking Skill Mahasiswa. Dharma Pendidikan, 13(1), 131–143. https://doi.org/10.69866/dp.v13i1.54