Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Pendekatan Science, Environment, Technology And Society Berbantu Modul Pembelajaran

Authors

  • Yulia Dewi Puspitasari STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v15i2.121

Keywords:

Kemampuan Kognitif, Modul, SETS

Abstract

Latar belakang  penelitian ini yaitu Higher order thinking  skill mahasiswa di STKIP PGRI Nganjuk belum berkembang dengan maksimal, pendekatan pembelajaran yang digunakan belum bervariasi, dan minimnya media pemebalajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Kognitif Mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research dengan model Kurt Lewin dan Model Kolaboratif dengan lebih dari satu siklus. Setiap siklus terdapat tahapan yang harus dilalui secara sistematis yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan,Observasi, evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, Tes, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif menggunakan Software IBM SPSS Statistic 20. Hasil dari penelitian ini adalah Kemampuan kognitif mahasiswa pendidikan IPA pada mata kuliah fluida dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan pembelajaran SETS (sains environment technology and society) berbantu modul.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajeng Resni, Dkk. 2013. Penggunaan Pendekatan SETS pada Pembelajaran Asam, Basa, Garam untuk Meningkatkan Minat Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) Vol 2 No 3. FKIP UNS.

Anwar, I., 2010, Pengembangan Bahan Ajar, Bahan Kuliah Online, Direktori UPI, Bandung.

Andi Prastowo. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Euis Yuniasti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran SETS terhadap Hasil Pembelajaran Biologi. Jurnal Sains Terapan. Universitas Tri Dharma Balikpapan Vol 1 No 2. Balikpapan.

Heinrich, R., Molenda, M., & Russel, J.D. 1993. Instructional Media. New York: MacMilan, Publishing Company.

Kuswati. 2008. Pembelajaran SETS. Jurnal USU. Vol 3 Tahun 2008.

Nono Sutarno, Materi Pokok dan Pembelajaran IPA SD, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2008)

Nuryanto & Binadja, A. (2006). Wawasan SETS (Science, Environmenr, Tecnology, and Society) Dalam Pengembangan Kurikulum Sains. Penang, Malaysia: SEAMEO RECSAM.

Pribadi,Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Ratna Wilis Dahar. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Suharsimi arikunto, 2012. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara

Tan Shin Yen, Siti Hajar Halili. 2015. Effective Teaching Of Higher-Order Thinking (Hot) In Education The Online Journal of Distance Education and e-Learning, April 2015. Diakses pada 1 juni 2017.

Tawil, M.& Liliasari. (2013). Berpikir Kompleks dan Impelemntasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar : Badan Penerbit UNM

Wilson, W.C., & Rosenthal, B.S. (2012). Anxiety and Performance in an MSW Research and Statistics Course. Journal of Teaching in Social Work, 6(2), 75-85. http://dx.doi.org/10.1300/J067v06n02_07 diakses pada 2 Juni 2017

Winkel, W.S. 2009. Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media abadi.

Yee Mei Heong. 2011. International Journal of Social Science and Humanity, Vol. 1, No. 2, July 2011. Diakses pada 3 Juni 2017

Published

2021-10-07

How to Cite

Puspitasari, Y. D. . (2021). Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Pendekatan Science, Environment, Technology And Society Berbantu Modul Pembelajaran. Dharma Pendidikan, 15(2), 48–60. https://doi.org/10.69866/dp.v15i2.121