Penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Metode Kooperatif Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Kognitif Mahasiswa

Authors

  • Yulia Dewi Puspitasari

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v12i1.31

Keywords:

Aktivitas, CTL, Jigsaw, Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) aktivitas belajar mahasiswa pendidikan IPA Semester 2 Tahun Akademik 2016/2017.  (2) kemampuan kognitif mahasiswa pendidikan IPA Semester 2 Tahun Akademik 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kurt Lewin dan model Kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali tahap persiapan kemudian dilanjutkan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subyek penelitian adalah mahasiswa pendidikan IPA sebanyak 10 mahasiswa dengan penelitian dikhususkan  pada mata kuliah fisika dasar 2. Data diperoleh melalui pengamatan, Kuis, kuesioner dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan CTL dengan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar. (2) Penerapan CTL dengan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata kuliah fisika dasar 2 program studi pendidikan IPA STKIP PGRI Nganjuk Tahun Akademik 2016/2017. Ketuntasan belajar siswa dapat mencapai 33,33% pada siklus I dan 73,33% pada siklus II dari Standar Ketuntasan Minimum sebesar 57.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media.

Arsyad, A.(2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Djamarah, S.B. (2005). Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Johnson, D.W., Johnson, R.T., & Holubec, E.J. (2010). Colaborative Learning. Bandung: Nusamedia.

Johnson, E.B. (2002). Contextual Teaching And Learning. California: Corwin Press.

Sardiman A.M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Slavin, R.E. (2011). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sugiyanto. (2008). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2021-10-05

How to Cite

Puspitasari, Y. D. . (2021). Penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Metode Kooperatif Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Kognitif Mahasiswa. Dharma Pendidikan, 12(1), 10–20. https://doi.org/10.69866/dp.v12i1.31