Pengaruh Model Pembelajaran Daring Google Classroom Dan Whatsapp Group Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Perencanaan Bisnis Pada Siswa Kelas X BDP di SMK NEGERI 2 Nganjuk

Penulis

  • Juminto

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Daring Goodle, Classroom dan Whatsapp, Prestasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini merupakan peneltian eksperimen dengan true experimental design. Populasi penelitian yaitu kelas X BDP SMKN 2 Nganjuk berjumlah 108 siswa. Sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X BDP-1 sejumlah 36 siswa dan X BDP- 2 sejumlah 36 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data tes dan dokumentasi. Analisis data adalah data statistik t-tes. Berdasarkan hasil nilai tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 71,055 dan hasil nilai tes kelas eksperimen sebesar 77,583. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Dk = 70 nilai thitung = 4,450 dan ttabel = 1,994, maka thitung>ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga "Ada perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran perencanaan bisnis pada siswa kelas X BDP di SMK Negeri 2 Nganjuk tahun ajaran 2020/2021 antara yang menggunakan model pembelajaran daring google classroom dan whatsapp group dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran daring google classroom dan whatsapp group”

Referensi

Angraeni Yunita Sari. 2021.”Pengaruh Model Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Sidwa Pada Materi Matriks Kelas X Di SMK 1 Ngunut Tulungagung”. Skripsi. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (Diakses pada 21 april 2020)

Albert Efendi Pohan. Konsep pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah, (Jawa Tengah : Cv Sarnu Untung, 2020), hal. 7 21lbid., hal 11

Aulya, A.P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Media Google Classroom Untuk Keterampilan Menulis. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.

Dwi Cahyo Adi. 2016. ”Pengaruh Status SosialEkonomi Dan Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 1 Jogonalan”. Skripsi. Jurusan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

F.Ridwan Sanjaya. 21 Refleksi Pembelajran Daring Di Masa Darurat.(Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata, 2020). Hal. 71

Hartanto. Panduan Aplikasi Smartphone. (Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2010). Hal. 100.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Google_Kelas

Moh. Zaiful Rosyid., Muntajab., Aminol Rosid Abdullah. (2019). Prestasi belajar dalam Halimatul Sa’diyah, M.Pd. (Ed). Prestasi Belajar. 3 . Batu: literasi Nusantara

Muri Yusuf. Jenis-jenis Sampel. (Jakarta: Kencana, 2011), Hal. 150-153

Nugroho E,dkk.(2019).Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0.SAINTEKS 2019.hal 57.

Permana R (Ed).(2020).Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan.Tasikmalaya:Edu Pubusher

Rusman. Model-model pembelajaranmengembangkan professional guru,(Jakarta : rajagrakindo, 2011). Hal. 133-136

Setiawan, Roni. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk pada Pelajaran Ekonomi kelas Xl Di SMK Negeri 5 Telli Limpoe. Skripsi Universitas Negeri Makassar.

Slameto. (2020). Partisipasi Orang Tua dan Faktor Latar Belakang Yang Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA. Cv Penerbit Qiara Media.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2013). Hal. 80-81

Umitasay AP (Ed).Perencanaan Bisnis.Surakarta: Cv. Putra Nugraha

Wiji, Lestari, (2021). Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas VI Sekolah Dasar. Skripsi Universitas Jambi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-02

Cara Mengutip

Juminto. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Daring Google Classroom Dan Whatsapp Group Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Perencanaan Bisnis Pada Siswa Kelas X BDP di SMK NEGERI 2 Nganjuk . Dharma Pendidikan, 15(3), 114 - 122. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/416