Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Perbankan Dasar Siswa Kelas X di SMK PGRI 2 Nganjuk

Penulis

  • Juminto

Kata Kunci:

Kecanduan Game Online, Prestasi Belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kecanduan game online terhadap mata pelajaran perbankan dasar siswa kelas X di SMK PGRI 2 Nganjuk . 2) Untuk mengatahui prestasi belajar mata pelajaran perbankan dasar siswa kelas X di SMK PGRI 2 Nganjuk . 3) Untuk mengetahui pengaruh kecanduan game online terhadap prestasi belajar mata pelajaran perbankan dasar siswa kelas X di SMK PGRI 2 Nganjuk . Penelitian ini merupakan peneltian korelasional. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK PGRI 2 Nganjuk . Populasi penelitian yaitu kelas X yang berjumlah 100 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X AKL 2 sejumlah 30 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket dan tes tertulis. Teknik yang digunakan untuk mengalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data korelasi product moment. Berdasarkan dari hasil analisis yang diperoleh pada penelitian yang dilakukan penulis bahwa hasil angket dan hasil tes kecanduan game online terhadap prestasi belajar mata pelajaran perbankan dasar yang diperoleh (menggunakan rumus korelasi product moment). Diperoleh rhitung = 0,581 sedangkan rtabel dengan taraf signifikan 5% untuk n sebanyak 30 (jumlah sampel) dan dk=29 adalah 0,367. dapat disimpulkan bahwa rhitung (0,581) > rtabel (0,367). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini terbukti ada pengaruh game online terhadap prestasi belajar mata pelajaran perbankan dasar siswa kelas X di SMK PGRI 2 Nganjuk

Referensi

Ulfiyah, Ulya. (2020). PENGARUH INTENSITAS GAME ONLINE DI RUMAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian Kelas XI IPS di SMA Al-Islam Kecamatan Cibiru Kabupaten Bandung).Skripsi tidak dipublikasikan. UIN Sunan Gunung Djati.

Masya, H & Candra, DA. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online Pada Peserta Didik Kelas X di Madrasah Aliyah Al Furqoon Prabumulih Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 03(1). 153-169. p-ISSN: 2089-9955. eISSN: 2355-8539.

Nur Fadilah Ramdani .(2018). PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI SDN BAWAKARAENG 1 KOTA MAKASSAR. Skripsi tidak dipublikasi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Andrew, Maurice. 2017. “Pengaruh Kecanduan Game online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar”. Jurnal Jaffray

Muhammad Fikri Faruza. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA YANG KECANDUAN GAME ONLINE MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI MAPN 4 MARTUBUNG. Skripsi tidak dipublikasi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Muhtar Fauzi. (2019). PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DI SMP NEGERI 4 GOMBONG. Skripsi tidak dipublikasi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong.

Kausar. (2019). PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK DI MAN 3 ACEH BESAR. Skripsi tidak dipublikasi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Sugiyono. (2011) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND (Cet XIV) Bandung: Alfabeta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-02

Cara Mengutip

Juminto. (2022). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Perbankan Dasar Siswa Kelas X di SMK PGRI 2 Nganjuk . Dharma Pendidikan, 16(3), 165 - 175. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/414