Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v16i2.181Keywords:
Pengaruh Kompetensi Guru, Prestasi Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru dalam pembelajaran daring di SMK PGRI 2 NGANJUK Tahun Pelajaran 2020/2021. Dan Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas X di SMK PGRI 2 NGANJUK Tahun Pelajaran 2020/2021. Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non-probability sampling yaitu populasi menjadi sampel dalam penelitian, dengan teknik analisis kuantitatif. Subyek penelitian adalah bapak ibu guru dan siswa kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk sebanyak 31 responden.Teknik pengumpulan data 1). Angket 2). Dokumentasi, Sedangkan untuk Analisa data menggunakan rumus korelasi produk momen. Dari data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis. Untuk menentukan sampel dalam penelitian ini peneliti mengambil 18 % dari jumlah populasi yaitu 34 siswa dan hanya 28 sampel yang berhasil terkumpul. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kuantitatif deskriptif yang menyangkut hasil angket yang telah disebarkan pada guru SMK PGRI 2 Nganjuk yang dijadikan sampel dalam penelitian, data kualitatif meliputi data yang diperoleh dari dokumentasi dan prestasi belajar siswa. Jenis data yang penulis gunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer merupakan sumber utama atau pokok yang didapat dari penyebaran angket guru yang dijadikan sampel penelitian dan dokumentasi rapot siswa Setelah data terkumpul kemudian dianalisa menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan analisa statistik Terdapat hubungan yang positif signifikan antara kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa, karena dengan memperhatikan besarnya rxy (yaitu = 0,842) yang besarnya berkisar antara 0,70 – 0,90 berarti korelasi positif antara variabel X dan variabel Y adalah termasuk korelasi positif yang kuat atau tinggi di SMK PGRI 2 Nganjuk. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin baik kompetensi guru maka semakin baik pula prestasi belajar siswa di sekolah.
Downloads
References
Daryanto, 2010. Belajar dan Mengajar, Bandung: Yrama Widya.
Departemen Agama RI, 2006. Undang-undang dan peraturan pemerintah tentang Pendidikan: Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional, 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia,Jakarta:bina aksara.
Dimyati dan mudjiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta:Rinekacipta. Drs.Saiful Bahri.1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi guru. Surabaya. PT Usaha Nasional.
Suharsini Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian,Suatu Pendekatan Dan Praktek
Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Inayah, R. (2013). Pengaruh kompetensi guru
E. Mulyasa. 2011 Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung Remaja Rosdakarya.
Iqbal Hasan, 2002 Pokok-pokok Materi MetodologiPenelitian dan Aplikasinya. Jakarta:GhaliaIndonesia.
Imam Wahyudi.2012. Pengembangan Pendidikan.Jakarta. PT Prestasi Pustaka.Irwanto, 1996. Psikologi Umum, Jakarta:PT Gramedia.
Janawi. 2011. Kompetensi Guru Citra guru Profesional Bandung: Alfabeta. Kementrian Pendidikan dan kebudayaan RI, Kurikulum 2013 KI dan KD IPS.
M. Burhan Bungin, 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana.
Oemar Hamalik, 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara.
Prof.Dr. H.Wina Sanjaya.2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta.Kencana Pradana Media Group.
Sapriya. 2012. Pendidikan IPS. Bandung; PT Rosdakarya remaja
Sapriya, 2009 “Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran1”5, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiono, 2009 Metode Penelitian Kuantitatif KuaLitatif dan R&D Bandung, alfabeta
Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian,Suatu Pendekatan Dan Praktek
Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Trianto, 2012 “Model pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek”,
Jakarta : Prestasi Pustaka.
Sanjaya, Wina, 2010. Kurikulum dan Pembelajaran, jakarta: kencana perdanamedia group.
Zurinal Z dan Wahdi Sayuti, 2006. Ilmu Pendidikan: Pengantar Dan Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta:UIN jakarta Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Maria Yolanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0