PENGARUH KOMPETENSI GURU PPPK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 SUKOMORO

Authors

  • Erlinda Yustin
  • Faizal Ansyori
  • Hanif Ramadhan Fahmi Putra

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.506

Keywords:

Kompetensi Guru PPPK, Prestasi Belajar Siswa.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kompetensi guru PPPK terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Sukomoro, Untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru PPPK terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Sukomoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional yaitu penelitian yang mencari hubungan antar variabel. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Sukomoro yang berjumlah 12 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, pedoman wawancara dan format-format dokumentasi. Dari hasil data yang diperoleh dapat di ketahui bahwa kompetensi guru PPPK tidak mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMAN 1 Sukomoro. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kompetensi guru PPPK adalah 72.66 dan skor rata-rata prestasi belajar siswa kelas X adalah 76. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan nilai rhitung adalah 0.23 sedangkan rtabel 0.576. maka di ketahui rhitung lebih kecil dari rtabel atau 0.23 < 0.576. jika rhitung lebih kecil dari rtabel maka tidak terdapat hubungan positif antara kompetensi guru PPPK terhadap prestasi belajar siswa kelas X. Dapat di lihat bahwa untuk n=12, taraf signifikan 5%, berada pada =0,576 dan taraf signifikan 1% berada pada =0.708, jadi ketentuan bila rhitung< rtabel maka Ha ditolak, dengan demikian, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi guru PPPK dengan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Sukomoro.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiyono. (2015 : 329). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alabeta.

Sugiyono. (2014 : 134). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Gramedia Kencana.

Sugiyono. (2014 : 92). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Gramedia Kencana.

Sugiyono. (2017 : 125). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: PT. Gramedia Kencana.

Sugiyono. (2017 : 130). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: PT. Gramedia Kencana.

Sugiyono. (2013 : 60). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013 : 75). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alabeta.

Sugiyono. (2019 : 142). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan kualitatif Dan R&D. Bandung: Alabeta.

Nana, S. (2018 ). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto,Suharsini.Prosedurpenelitian:suatupendekatanpraktek,Cet.XIII;Jakarta:RinekaCipta,2014.

Ahmadi,AbudanWidodo,Supriono.PsikologiBelajar,Cet.II;Jakarta:PT.RinekaCipta,2014.

DepartemenAgamaRepublikIndonesia,Al-QuranDanTerjemahannya,Revisi;Jakarta;CVTohaPutra,2016.

Hamalik,Oemar.KurikulumdanPembelajaran,Cet.III;Jakarta:BumiAksara,2014.

Hasan,MuhammadTholha.IslamdanMasalahSumberDayaManusia,Cet,IV;Bandung:LantaboraPress,2014.

Ika, Hardiyana Aksari. “Kompetensi Pedagogik Guru,” http/www.ika

HardiyanaAksariKompetensiPedagogiGuru.htm.(18oktober2014).

Kunandar.GuruProfesionalImplementasiKurikulumtingkatsatuanpendidikandanSuksesdalamSertifikasiGuru,Cet.I;Jakarta:PT.RajaGrafindoPersada,2008.

RepublikIndonesia,“Undang-UndangRINomor20Tahun2003tentangSistemPendidikanNasional”dalamUndang-UndangSistemPendidikanNasional,Cet,IV;Yogyakarta:GrhaGuru,2012.

Sukmadinata,NanaSyaodih.LandasanPsikologiProsesPendidikan,Cet,IV;Bandung:PT.RemajaRosdakarya,2016.

Downloads

Published

2024-04-05

How to Cite

Erlinda Yustin, Ansyori, F., & Fahmi Putra, H. R. (2024). PENGARUH KOMPETENSI GURU PPPK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 SUKOMORO . Dharma Pendidikan, 20(1), 99–107. https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.506