PENGARUH KOMPETENSI GURU PPPK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 SUKOMORO
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.506Keywords:
Kompetensi Guru PPPK, Prestasi Belajar Siswa.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kompetensi guru PPPK terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Sukomoro, Untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru PPPK terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Sukomoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional yaitu penelitian yang mencari hubungan antar variabel. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Sukomoro yang berjumlah 12 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, pedoman wawancara dan format-format dokumentasi. Dari hasil data yang diperoleh dapat di ketahui bahwa kompetensi guru PPPK tidak mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMAN 1 Sukomoro. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kompetensi guru PPPK adalah 72.66 dan skor rata-rata prestasi belajar siswa kelas X adalah 76. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan nilai rhitung adalah 0.23 sedangkan rtabel 0.576. maka di ketahui rhitung lebih kecil dari rtabel atau 0.23 < 0.576. jika rhitung lebih kecil dari rtabel maka tidak terdapat hubungan positif antara kompetensi guru PPPK terhadap prestasi belajar siswa kelas X. Dapat di lihat bahwa untuk n=12, taraf signifikan 5%, berada pada =0,576 dan taraf signifikan 1% berada pada =0.708, jadi ketentuan bila rhitung< rtabel maka Ha ditolak, dengan demikian, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi guru PPPK dengan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Sukomoro.
Downloads
References
Sugiyono. (2015 : 329). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alabeta.
Sugiyono. (2014 : 134). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Gramedia Kencana.
Sugiyono. (2014 : 92). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Gramedia Kencana.
Sugiyono. (2017 : 125). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: PT. Gramedia Kencana.
Sugiyono. (2017 : 130). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: PT. Gramedia Kencana.
Sugiyono. (2013 : 60). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013 : 75). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alabeta.
Sugiyono. (2019 : 142). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan kualitatif Dan R&D. Bandung: Alabeta.
Nana, S. (2018 ). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto,Suharsini.Prosedurpenelitian:suatupendekatanpraktek,Cet.XIII;Jakarta:RinekaCipta,2014.
Ahmadi,AbudanWidodo,Supriono.PsikologiBelajar,Cet.II;Jakarta:PT.RinekaCipta,2014.
DepartemenAgamaRepublikIndonesia,Al-QuranDanTerjemahannya,Revisi;Jakarta;CVTohaPutra,2016.
Hamalik,Oemar.KurikulumdanPembelajaran,Cet.III;Jakarta:BumiAksara,2014.
Hasan,MuhammadTholha.IslamdanMasalahSumberDayaManusia,Cet,IV;Bandung:LantaboraPress,2014.
Ika, Hardiyana Aksari. “Kompetensi Pedagogik Guru,” http/www.ika
HardiyanaAksariKompetensiPedagogiGuru.htm.(18oktober2014).
Kunandar.GuruProfesionalImplementasiKurikulumtingkatsatuanpendidikandanSuksesdalamSertifikasiGuru,Cet.I;Jakarta:PT.RajaGrafindoPersada,2008.
RepublikIndonesia,“Undang-UndangRINomor20Tahun2003tentangSistemPendidikanNasional”dalamUndang-UndangSistemPendidikanNasional,Cet,IV;Yogyakarta:GrhaGuru,2012.
Sukmadinata,NanaSyaodih.LandasanPsikologiProsesPendidikan,Cet,IV;Bandung:PT.RemajaRosdakarya,2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erlinda Yustin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0