Peningkatan Prestasi Belajar PPKN Pada Kompetensi Dasar Kedaulatan Rakyat Melalui Optimalisasi Pemberian Tugas Berupa Pekerjaan Rumah (PR)
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v14i1.98Keywords:
Kedaulatan Rakyat, Pekerjaan Rumah, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran konstruktivisme terhadap hasil belajar siswa, pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui model pembelajaran mana yang lebih baik. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan tehnik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi penelitian adalah kelas VII SMP N 3 Bagor yang berjumlah 48 siswa. Tehnik sampel yang digunakan adalah total sampling, dimana semua populasi yang ada diikut sertakan semua yaitu 48 siswa atau disebut juga sebagai penelitian populasi. Tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan angket. Analisis data menggunakan uji t-parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran konstruktivisme terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKN materi kemerdekaan mengemukakan pendapat pada siswa kelas VII SMPN 3 Bagor, dengan nilai t-hitung =2.904. 2) Ada pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKN materi kemerdekaan mengemukakan pendapat pada siswa kelas VII SMPN 3 Bagor, dengan nilai t-hitung = 2.407. 3) Model Pembelajaran Make A Match Lebih Baik Daripada Model Pembelajaran Kontruktivisme Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKn Materi Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat Pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Bagor, dengan nilai rata-rata kelas VII A 82,7 < nilai rata-rata kelas VII B 85,4. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan guru dapat mempertimbangkan dalam kegiatan belajar mengajar terutama dalam pemanfaatan model pembelajaran yang dipakai dengan materi yang disajikan.
Downloads
References
Arifin, Zaenal. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.
http://ainamulyana.blogspot.com/2012/01/pengertian-hasil-belajar-dan-faktor.html
Riyanto. (1993) Pengertian Belajar. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.
Slameto (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. (2011)Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode penelitian (pendekatan Kuantitatif, Kualitatis dan R&B). Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yesi Puspitasari, Chodib Suyoso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0