Peningkatan Prestasi Belajar PPKN Pada Kompetensi Dasar Kedaulatan Rakyat Melalui Optimalisasi Pemberian Tugas Berupa Pekerjaan Rumah (PR)

Penulis

  • Yesi Puspitasari
  • Chodib Suyoso STKIP PGRI NGANJUK

Kata Kunci:

Kedaulatan Rakyat, Pekerjaan Rumah, Prestasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran konstruktivisme terhadap hasil belajar siswa, pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui model pembelajaran mana yang lebih baik. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan tehnik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi penelitian adalah kelas VII SMP N 3 Bagor yang berjumlah 48 siswa. Tehnik sampel yang digunakan adalah total sampling, dimana semua populasi yang ada diikut sertakan semua yaitu 48 siswa atau disebut juga sebagai penelitian populasi. Tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan angket. Analisis data menggunakan uji t-parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran konstruktivisme terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKN materi kemerdekaan mengemukakan pendapat pada siswa kelas VII SMPN 3 Bagor, dengan nilai t-hitung =2.904. 2) Ada pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKN materi kemerdekaan mengemukakan pendapat pada siswa kelas VII SMPN 3 Bagor, dengan nilai t-hitung = 2.407. 3) Model Pembelajaran Make A Match Lebih Baik Daripada Model Pembelajaran Kontruktivisme Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKn Materi Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat Pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Bagor, dengan nilai rata-rata kelas VII A 82,7 < nilai rata-rata kelas VII B 85,4. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan guru dapat mempertimbangkan dalam kegiatan belajar mengajar terutama dalam pemanfaatan model pembelajaran yang dipakai dengan materi yang disajikan.

Referensi

Arifin, Zaenal. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.

http://ainamulyana.blogspot.com/2012/01/pengertian-hasil-belajar-dan-faktor.html

Riyanto. (1993) Pengertian Belajar. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.

Slameto (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. (2011)Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian (pendekatan Kuantitatif, Kualitatis dan R&B). Bandung: Alfabeta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-01

Cara Mengutip

Puspitasari, Y., & Suyoso, C. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar PPKN Pada Kompetensi Dasar Kedaulatan Rakyat Melalui Optimalisasi Pemberian Tugas Berupa Pekerjaan Rumah (PR). Dharma Pendidikan, 14(1), 92 - 98. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/98