Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Video Refleksi Diri dalam Kompetisi Pidato
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v15i2.135Keywords:
keterampilan berbicara, pidato, video refleksi diriAbstract
Berbicara dianggap sebagai keterampilan yang sulit dalam mengajar bahasa Inggris kepada para pelajar muda. Banyak guru dan dosen memiliki masalah dalam mengajar berbicara. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan. Pertama, banyak dosen mengajar bahasa Inggris dengan suasana serius. Mereka lebih suka menghabiskan waktu di kelas membaca buku teks dan tugas menulis. Mereka jarang meluangkan waktu untuk berbicara bahasa tersebut. Oleh karena itu, mahasiswa tidak memiliki cukup kesempatan untuk berlatih berbicara di kelas. Secara umum tujuan utama dari penggunaan teknologi sebagai alat peraga adalah membbuat proses pembelajaran lebih memotivasi dan menarik bagi mahasiswa. Salah satu solusi dari permasalahan di atas adalah dengan menggunakan video refleksi diri dalam kelas berbicara khususnya pidato. Peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) untuk memecahkan masalah tersebut pada mahasiswa pemula di perguruan tinggi STKIP PGRI Nganjuk. Akhirnya, para mahasiswa dapat mengatasi masalah pribadi mereka dalam berbicara bahasa Inggris sendiri.
Downloads
References
Brown, H. D. Teaching by Principles, An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Longman. 2004.
Budiyono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press. 2003.
Budiyono. Dasar-dasar Statistika. Surakarta: UNS Press. 2013.
Cahyono, B.Y. & Widiati, U. The Teaching of English as a Foreign Language in Indonesia. Malang : State University of Malang Press. 2001.
Cao, Yuan. Comparison of Two Models of Foreign Language Classroom Anxiety Scale. Phillipine ESL Journal Vol.7. 2011.
Harmer, Jeremy. How to Teach English. UK: Ocelot Publishing, Inc. 2007.
Henson, T. & Eller, F. Educational Psychology for Effective Teaching. Cornel University : Wardsworth Press. 1999.
Ellis,.Second Language Acquisition. Hongkong: Oxford University Press. 2003
Hughes, R. Teaching and Researching Speaking. Essex : Pearson Education. Cambridge: Cambridge University Press. 2002.
Richard, J.C. Developing Classroom Speaking activities; From Theory to Practice. 2006. Guidelines, 28 (2): 3-9. Retrieved 13c May 2013 from http://www.professorjackrichard.com/work.html.Contoh:
Murray R. Spigel. 1985. Analisis Vektor dan suatu pengantas analisis tensor. Jakarta: Erlangga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Triana Wuri Cahyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0