Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Video Refleksi Diri dalam Kompetisi Pidato

Authors

  • Triana Wuri Cahyanti STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v15i2.135

Keywords:

keterampilan berbicara, pidato, video refleksi diri

Abstract

Berbicara dianggap sebagai keterampilan yang sulit dalam mengajar bahasa Inggris kepada para pelajar muda. Banyak guru dan dosen memiliki masalah dalam mengajar berbicara. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan. Pertama, banyak dosen mengajar bahasa Inggris dengan suasana serius. Mereka lebih suka menghabiskan waktu di kelas membaca buku teks dan tugas menulis. Mereka jarang meluangkan waktu untuk berbicara bahasa tersebut. Oleh karena itu, mahasiswa tidak memiliki cukup kesempatan untuk berlatih berbicara di kelas. Secara umum tujuan utama dari penggunaan teknologi sebagai alat peraga adalah membbuat proses pembelajaran lebih memotivasi dan menarik bagi mahasiswa. Salah satu solusi dari permasalahan di atas adalah dengan menggunakan video refleksi diri dalam kelas berbicara khususnya pidato. Peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) untuk memecahkan masalah tersebut pada mahasiswa pemula di perguruan tinggi STKIP PGRI Nganjuk. Akhirnya, para mahasiswa dapat mengatasi masalah pribadi mereka dalam berbicara bahasa Inggris sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, H. D. Teaching by Principles, An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Longman. 2004.

Budiyono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press. 2003.

Budiyono. Dasar-dasar Statistika. Surakarta: UNS Press. 2013.

Cahyono, B.Y. & Widiati, U. The Teaching of English as a Foreign Language in Indonesia. Malang : State University of Malang Press. 2001.

Cao, Yuan. Comparison of Two Models of Foreign Language Classroom Anxiety Scale. Phillipine ESL Journal Vol.7. 2011.

Harmer, Jeremy. How to Teach English. UK: Ocelot Publishing, Inc. 2007.

Henson, T. & Eller, F. Educational Psychology for Effective Teaching. Cornel University : Wardsworth Press. 1999.

Ellis,.Second Language Acquisition. Hongkong: Oxford University Press. 2003

Hughes, R. Teaching and Researching Speaking. Essex : Pearson Education. Cambridge: Cambridge University Press. 2002.

Richard, J.C. Developing Classroom Speaking activities; From Theory to Practice. 2006. Guidelines, 28 (2): 3-9. Retrieved 13c May 2013 from http://www.professorjackrichard.com/work.html.Contoh:

Murray R. Spigel. 1985. Analisis Vektor dan suatu pengantas analisis tensor. Jakarta: Erlangga.

Published

2021-10-07

How to Cite

Cahyanti, T. W. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Video Refleksi Diri dalam Kompetisi Pidato. Dharma Pendidikan, 15(2), 1–9. https://doi.org/10.69866/dp.v15i2.135