Peningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Dengan Metode Voice Note Whatsapp Untuk Dialog Function Al Skill
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v14i2%20Oktober.12Keywords:
dialog, Functional skill, keterampilan berbicara, voice note WhatsappAbstract
Penelitian ini dirancang untuk mengembangkan pendekatan sosial media WhatsApp via voice note untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa dalam dialog functional skill. Pendekatan ini tampaknya dapat merangsang siswa untuk lebih terlibat dalam kegiatan berbicara bebas sehingga kemampuan berbicara mereka dapat meningkat dan mereka menjadi lebih termotivasi; karena memberikan mahasiswa non-program studi Bahasa Inggris dengan bimbingan selama kegiatan berbicara melalui tahap-tahap dalam menghasilkan percakapan. Penelitian ini termasuk dalam desain penelitian tindakan kelas kolaboratif di mana peneliti dan dosen kolaboratifnya bekerja bersama sebagai tim penelitian. Penelitian ini difokuskan pada mahasiswa semester dua program studi baru Pendidikan IPA di STKIP PGRI Nganjuk sehingga jumlah mahasiswa belum banyak. Hal ini menginspirasi untuk lebih fokus meneliti dan memotivasi mahasiswa itu sendiri. Dengan keberhasilan Siklus II maka media sosial voice notes bisa menjadi inovasi milenial para pengajar bahasa Inggris, baik guru maupun dosen.
Downloads
References
Brown, H. D. 2004. Teaching by Principles, An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Longman.
Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press. Budiyono. Dasar-dasar Statistika. Surakarta: UNS Press. 2013.
Cahyono, B.Y. & Widiati, U. 2001. The Teaching of English as a Foreign Language in Indonesia. Malang : State University of Malang Press.
Cao, Yuan. 2011.Comparison of Two Models of Foreign Language Classroom Anxiety Scale.
Phillipine ESL Journal Vol.7.
Harmer, Jeremy. 2007. How to Teach English. UK: Ocelot Publishing, Inc.
Henson, T. & Eller, F. 1999. Educational Psychology for Effective Teaching. Cornel University : Wardsworth Press.
Ellis,. 2003. Second Language Acquisition. Hongkong: Oxford University Press.
Hughes, R. 2002. Teaching and Researching Speaking. Essex : Pearson Education. Cambridge: Cambridge University Press.
Richard, J.C. 2006. Developing Classroom Speaking activities; From Theory to Practice. Guidelines, 28 (2): 3-9. Retrieved 13c May 2013 from http://www.professorjackrichard.com/work.html.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Triana Wuri Cahyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0