Peningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Dengan Metode Voice Note Whatsapp Untuk Dialog Function Al Skill

Penulis

  • Triana Wuri Cahyanti STKIP PGRI Nganjuk

Kata Kunci:

dialog, Functional skill, keterampilan berbicara, voice note Whatsapp

Abstrak

Penelitian ini dirancang untuk mengembangkan pendekatan sosial media WhatsApp via voice note untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa dalam dialog functional skill. Pendekatan ini tampaknya dapat merangsang siswa untuk lebih terlibat dalam kegiatan berbicara bebas sehingga kemampuan berbicara mereka dapat meningkat dan mereka menjadi lebih termotivasi; karena memberikan mahasiswa non-program studi Bahasa Inggris dengan bimbingan selama kegiatan berbicara melalui tahap-tahap dalam menghasilkan percakapan. Penelitian ini termasuk dalam desain penelitian tindakan kelas kolaboratif di mana peneliti dan dosen kolaboratifnya bekerja bersama sebagai tim penelitian. Penelitian ini difokuskan pada mahasiswa semester dua program studi baru Pendidikan IPA di STKIP PGRI Nganjuk sehingga jumlah mahasiswa belum banyak.  Hal ini menginspirasi untuk lebih fokus meneliti dan memotivasi mahasiswa itu sendiri. Dengan keberhasilan Siklus II maka media sosial voice notes bisa menjadi inovasi milenial para pengajar bahasa Inggris, baik guru maupun dosen.

Referensi

Brown, H. D. 2004. Teaching by Principles, An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Longman.

Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press. Budiyono. Dasar-dasar Statistika. Surakarta: UNS Press. 2013.

Cahyono, B.Y. & Widiati, U. 2001. The Teaching of English as a Foreign Language in Indonesia. Malang : State University of Malang Press.

Cao, Yuan. 2011.Comparison of Two Models of Foreign Language Classroom Anxiety Scale.

Phillipine ESL Journal Vol.7.

Harmer, Jeremy. 2007. How to Teach English. UK: Ocelot Publishing, Inc.

Henson, T. & Eller, F. 1999. Educational Psychology for Effective Teaching. Cornel University : Wardsworth Press.

Ellis,. 2003. Second Language Acquisition. Hongkong: Oxford University Press.

Hughes, R. 2002. Teaching and Researching Speaking. Essex : Pearson Education. Cambridge: Cambridge University Press.

Richard, J.C. 2006. Developing Classroom Speaking activities; From Theory to Practice. Guidelines, 28 (2): 3-9. Retrieved 13c May 2013 from http://www.professorjackrichard.com/work.html.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-06

Cara Mengutip

Cahyanti, T. W. . (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Dengan Metode Voice Note Whatsapp Untuk Dialog Function Al Skill. Dharma Pendidikan, 14(2 Oktober), 93-101. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/12