Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKN Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v14i1.104Keywords:
Hasil Belajar, Make a MatchAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn setelah diterapkan model pembelajaran Make A Match siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Loceret Tahun Pelajaran 2015/2016. Dengan menggunakan metode tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi siswa sehingga siswa mampu dengan mudah menerima materi yang diberikan oleh guru, termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dan bersemangat dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Loceret Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Loceret tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 29 siswa. Untuk pengambilan sampel peneliti menggunakan sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan metode tes, yaitu untuk memperoleh data tentang hasil belajar pada mata pelajaran PKn. Tes diberikan setelah melakukan kegiatan pembelajaran (post-test). Data yang peroleh kemudian dianalisis dengan mengguankan uji “t”, untuk mengetahui hasil belajar siswa antara yang diajar dengan menggunakan metode konvensional dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match. Berdasarkan hasil analisa diketahui bahwa nilai db sebesar 28 diperoleh harga kritik t atau tabel pada signifikansi 5% sebesar 2,05; sedangkan pada taraf signifikansi 1% diperoleh sebesar 2,76. Dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan = 9,845 dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t ( = 2,05 dan = 2,76) maka dapat diketahui bahwa >, maka diterima dan ditolak. Yang artinya bahwa hipotesis yang diajukan peneliti “Diterima”.
Downloads
References
Basyir, Kunawi, dkk. 2011. Civic Education (Pendidikan Kewarganegaraan). Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Daryanto. 2010. Belajar Dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.
Erwin, Muhamad. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Republik Indonesia. Bandung: Refika Aditama.
Iswahyuni, Dwi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Materi kemerdekaan Mengemukakan Pendapat Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 3 Rejoso Tahun Pelajaran 2014/2015. Nganjuk: STKIP PGRI Nganjuk.
Jatmiko. 2014. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Sukomoro Tahun Pelajaran 2013/2014. Nganjuk: STKIP PGRI Nganjuk.
Jihad, Asep, dkk. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Miftahul, Huda. 2013. Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto, M. Ngalim. 2012. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Shodix, Achmad. 2015. Penerapan Pembelajaran Model Think Pair And Share Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VIISMPN 1 Sukomoro Tahun Pelajaran 2014/2015. Nganjuk: STKIP PGRI Nganjuk.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
_______. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2011. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nurin Masfufah, Rasid Anggara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0