Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKN Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match

Penulis

  • Nurin Masfufah
  • Rasid Anggara STKIP PGRI Nganjuk

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Make a Match

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn setelah diterapkan model pembelajaran Make A Match siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Loceret Tahun Pelajaran 2015/2016. Dengan menggunakan metode tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi siswa sehingga siswa mampu dengan mudah menerima materi yang diberikan oleh guru, termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dan bersemangat dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Loceret Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Loceret tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 29 siswa. Untuk pengambilan sampel peneliti menggunakan sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan metode tes, yaitu untuk memperoleh data tentang hasil belajar pada mata pelajaran PKn. Tes diberikan setelah melakukan kegiatan pembelajaran (post-test). Data yang peroleh kemudian dianalisis dengan mengguankan uji “t”, untuk mengetahui hasil belajar siswa antara yang diajar dengan menggunakan metode konvensional dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match. Berdasarkan hasil analisa diketahui bahwa nilai db sebesar 28 diperoleh harga kritik t atau tabel pada  signifikansi 5% sebesar 2,05; sedangkan pada taraf signifikansi 1%  diperoleh sebesar 2,76. Dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan = 9,845 dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t ( = 2,05 dan  = 2,76) maka dapat diketahui bahwa >, maka  diterima dan  ditolak. Yang artinya bahwa hipotesis yang diajukan peneliti “Diterima”.

Referensi

Basyir, Kunawi, dkk. 2011. Civic Education (Pendidikan Kewarganegaraan). Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. 2010. Belajar Dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Erwin, Muhamad. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Republik Indonesia. Bandung: Refika Aditama.

Iswahyuni, Dwi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Materi kemerdekaan Mengemukakan Pendapat Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 3 Rejoso Tahun Pelajaran 2014/2015. Nganjuk: STKIP PGRI Nganjuk.

Jatmiko. 2014. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Sukomoro Tahun Pelajaran 2013/2014. Nganjuk: STKIP PGRI Nganjuk.

Jihad, Asep, dkk. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Miftahul, Huda. 2013. Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, M. Ngalim. 2012. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shodix, Achmad. 2015. Penerapan Pembelajaran Model Think Pair And Share Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VIISMPN 1 Sukomoro Tahun Pelajaran 2014/2015. Nganjuk: STKIP PGRI Nganjuk.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

_______. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2011. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-01

Cara Mengutip

Masfufah, N., & Anggara, R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKN Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match. Dharma Pendidikan, 14(1), 42 - 48. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/104