PENGARUH PERMAINAN MAKE A MATCH BERBASIS METODE CHEMO-EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI LIMBAH KELAS X DI SMK PGRI 2 NGANJUK

Authors

  • Rizal Adi Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.504

Keywords:

make a match, chemo edutainment, hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik melalui penerapan permainan make a match berbasis metode chemo-edutainment terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada materi limbah kelas X di SMK PGRI 2 Nganjuk. Penelitian ini merupakan Quasi experiment. peneliti menerima keadaan subjek seadanya. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretes-postest control group design dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif uji-t diperoleh hasil t hitung 3,67 t table 1,527 (untuk taraf signifikan 5%) ho (hipotesis nol) ditolak dan ha (hipotesis alternatif) diterima. Hasil penelitian menunjukkan “adanya perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan media pembelajaran permainan make a match berbasis metode chemo-edutainment dengan menggunakan media pembelajaran konvensional pada materi limbah kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2022/2023”. Hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran permainan make a match berbasis metode chemo-edutainment memperoleh nilai rata-rata Pre-test 69 dengan kategori kurang baik dan Post-test dengan nilai rata-rata 79 dengan kategori baik dari 29 siswa. Dari hasil penellitian diperoleh nilai t hitung 3,67 dan t tabel 1,527 dengan taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan gabungan 56. Kemudian keduanya dibandingkan dan dapat dilihat bahwa t hitung 3,67 t table 1,527 sehingga ho (hipotesis nol) ditolak dan ha (hipotesis alternatif) diterima. Yang artinya hipotesis yang diajukan oleh peneliti “Diterima”. Adapun hipotesis yang dimaksud berbunyi : “adanya perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan media pembelajaran permainan make a match berbasis metode chemo-edutainment dengan menggunakan media pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliputri,Dhestha Hazilla. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan (JBPD).

Mahardian, L., Hapsari, N. D., & Saputro, S. (2012). Pengaruh Metode Pembelajaran Make a Match (MM) dan Numbered Head Together (NHT) dengan Kemampuan Memori terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Koloid. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 1 No. 1 , 97 : 107

Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa : Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-kelas inspiratif. CV Kekata Group.

Nuraeni, Z., & Rosyid, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match (ICM). Jurnal Elemen, 5(1), 12 : 22.

Pembelajaran Efektif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Salmiati & Samsuri. (2018). Penerapan Media Flash Card dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A Paud di Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Buah Hati.5

Rusman. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada Saefuddin,Asis & Ika Berdiati. (2016)

Sandy, A. (2010). Pengaruh Penggunaan Game Make A Match Berbasis Chemo-Edutainment (CET) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Materi Redoks pada Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Wiradesa Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi , 13.

Suci,Murtini. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas VI SDN 1 Gondangkulon. Jurnal Tindakan Kelas, (2021).

Ulfa,Noviana Mariatul. Analisis Media Pembelajaran Flash Card Dini. Judul : Analisis Media Pembelajaran Flash Card. (2020).

Wakhidin,Agus. Perpaduan Model Pembelajaran Make A Match dengan Quiz-Quis Trade. Indramayu: Penerbit Adab. (2020).

Yuniantika, D., & Harini, E. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan, (2)

Downloads

Published

2024-04-05

How to Cite

Rizal Adi Setiawan. (2024). PENGARUH PERMAINAN MAKE A MATCH BERBASIS METODE CHEMO-EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI LIMBAH KELAS X DI SMK PGRI 2 NGANJUK. Dharma Pendidikan, 20(1), 68–77. https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.504