PENGARUH PERMAINAN MAKE A MATCH BERBASIS METODE CHEMO-EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI LIMBAH KELAS X DI SMK PGRI 2 NGANJUK
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.504Keywords:
make a match, chemo edutainment, hasil belajar siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik melalui penerapan permainan make a match berbasis metode chemo-edutainment terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada materi limbah kelas X di SMK PGRI 2 Nganjuk. Penelitian ini merupakan Quasi experiment. peneliti menerima keadaan subjek seadanya. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretes-postest control group design dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif uji-t diperoleh hasil t hitung 3,67 t table 1,527 (untuk taraf signifikan 5%) ho (hipotesis nol) ditolak dan ha (hipotesis alternatif) diterima. Hasil penelitian menunjukkan “adanya perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan media pembelajaran permainan make a match berbasis metode chemo-edutainment dengan menggunakan media pembelajaran konvensional pada materi limbah kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2022/2023”. Hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran permainan make a match berbasis metode chemo-edutainment memperoleh nilai rata-rata Pre-test 69 dengan kategori kurang baik dan Post-test dengan nilai rata-rata 79 dengan kategori baik dari 29 siswa. Dari hasil penellitian diperoleh nilai t hitung 3,67 dan t tabel 1,527 dengan taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan gabungan 56. Kemudian keduanya dibandingkan dan dapat dilihat bahwa t hitung 3,67 t table 1,527 sehingga ho (hipotesis nol) ditolak dan ha (hipotesis alternatif) diterima. Yang artinya hipotesis yang diajukan oleh peneliti “Diterima”. Adapun hipotesis yang dimaksud berbunyi : “adanya perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan media pembelajaran permainan make a match berbasis metode chemo-edutainment dengan menggunakan media pembelajaran konvensional.
Downloads
References
Aliputri,Dhestha Hazilla. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan (JBPD). DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2351
Mahardian, L., Hapsari, N. D., & Saputro, S. (2012). Pengaruh Metode Pembelajaran Make a Match (MM) dan Numbered Head Together (NHT) dengan Kemampuan Memori terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Koloid. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 1 No. 1 , 97 : 107
Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa : Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-kelas inspiratif. CV Kekata Group.
Nuraeni, Z., & Rosyid, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match (ICM). Jurnal Elemen, 5(1), 12 : 22. DOI: https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.710
Pembelajaran Efektif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Salmiati & Samsuri. (2018). Penerapan Media Flash Card dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A Paud di Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Buah Hati.5
Rusman. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada Saefuddin,Asis & Ika Berdiati. (2016)
Sandy, A. (2010). Pengaruh Penggunaan Game Make A Match Berbasis Chemo-Edutainment (CET) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Materi Redoks pada Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Wiradesa Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi , 13.
Suci,Murtini. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas VI SDN 1 Gondangkulon. Jurnal Tindakan Kelas, (2021). DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.41
Ulfa,Noviana Mariatul. Analisis Media Pembelajaran Flash Card Dini. Judul : Analisis Media Pembelajaran Flash Card. (2020). DOI: https://doi.org/10.35719/gns.v1i1.4
Wakhidin,Agus. Perpaduan Model Pembelajaran Make A Match dengan Quiz-Quis Trade. Indramayu: Penerbit Adab. (2020).
Yuniantika, D., & Harini, E. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan, (2) DOI: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i2.36
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizal Adi Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0