Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SDN Sanggrahan 2 Kecamatan Prambon Tahun Pelajaran 2018/ 2019
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v15i2.101Keywords:
Hasil Belajar IPA, Pembelajaran InkuiriAbstract
IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang seharusnya banyak memberi kesempatan kepada siswa untuk dapat memahami alam secara langsung. Namun demikian sering kali kesempatan itu tidak dimiliki oleh siswa SDN Sanggrahan 2 Kecamatan Prambon, hasil belajar IPA pada kelas 4 khususnya masih belum dapat mencapai target ketuntasan yang telah ditentukan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Sanggrahan 2 Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri (SPI). Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Sanggrahan 2 Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Jumlah siswa dalam kelas ini ada 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan penghitungan skor rata-rata. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar IPA dengan target 75 % dari jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar telah mencapai KKM dan nilai rata-rata kelas ≥ 70. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, pada siklus I sebanyak 1057 naik sebesar 200 menjadi 1257 pada siklus II, skor maksimal pada siklus I sebesar 80 naik sebanyak 13 menjadi 93 pada siklus II, nilai terendah siklus I yaitu 57 naik 6 angka menjadi 63 pada siklus II, rata-rata kelas secara klasikal pada siklus I 66 naik 13 menjadi 79, secara umum pada siklus I ada 5 anak yang tuntas atau sebesar 31.3% pada siklus II sebanyak 14 anak atau sebesar 87.5%.
Downloads
References
Agus Suprijono.(2011). Cooperative Learning. Surabaya : Pustaka Pelajar
Akbar, Sa’adun. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Cipta Media
Aunurrahman. (2010 ). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Alfabeta
Dimyati & Mudjiono. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta
E. Mulyasa. (2015). Menjadi Guru Profesional. Bandung : Rosda Karya
M. Dalyono. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Mulyani Sumantri & Johar Permana. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti
Permendikans No 22 tahun 2006. Standar Isi. Jakarta : Depdiknas
Permendiknas No 41 tahun 2007. Standar Proses. Jakarta : Depdiknas
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Srini M. Iskandar. (2016). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Depdikbud Dirjen Dikti Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Suharsimi Arikunto. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Suroso. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Pararaton
W. Gulo. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Gramedia
Wina Sanjaya. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung : Kencana Prenada Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Eni Nurwiyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0