Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SDN Sanggrahan 2 Kecamatan Prambon Tahun Pelajaran 2018/ 2019

Penulis

  • Eni Nurwiyati

Kata Kunci:

Hasil Belajar IPA, Pembelajaran Inkuiri

Abstrak

IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang seharusnya banyak memberi kesempatan kepada siswa untuk dapat memahami alam secara langsung. Namun demikian sering kali kesempatan itu tidak dimiliki oleh siswa SDN Sanggrahan 2 Kecamatan Prambon, hasil belajar IPA pada kelas 4 khususnya masih belum dapat mencapai target ketuntasan yang telah ditentukan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Sanggrahan 2 Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri (SPI). Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Sanggrahan 2 Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Jumlah siswa dalam kelas ini ada 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan penghitungan skor rata-rata. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar IPA dengan target 75 % dari jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar telah mencapai KKM dan nilai rata-rata kelas ≥ 70. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, pada siklus I sebanyak 1057 naik sebesar 200 menjadi 1257 pada siklus II, skor maksimal pada siklus I sebesar 80 naik sebanyak 13 menjadi 93 pada siklus II, nilai terendah siklus I yaitu 57 naik 6 angka menjadi 63 pada siklus II, rata-rata kelas secara klasikal pada siklus I 66 naik 13 menjadi 79, secara umum pada siklus I ada 5 anak yang tuntas atau sebesar 31.3% pada siklus II sebanyak 14 anak atau sebesar 87.5%.

Referensi

Agus Suprijono.(2011). Cooperative Learning. Surabaya : Pustaka Pelajar

Akbar, Sa’adun. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Cipta Media

Aunurrahman. (2010 ). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Alfabeta

Dimyati & Mudjiono. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

E. Mulyasa. (2015). Menjadi Guru Profesional. Bandung : Rosda Karya

M. Dalyono. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Mulyani Sumantri & Johar Permana. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti

Permendikans No 22 tahun 2006. Standar Isi. Jakarta : Depdiknas

Permendiknas No 41 tahun 2007. Standar Proses. Jakarta : Depdiknas

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Srini M. Iskandar. (2016). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Depdikbud Dirjen Dikti Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Suharsimi Arikunto. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Suroso. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Pararaton

W. Gulo. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Gramedia

Wina Sanjaya. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung : Kencana Prenada Media

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-07

Cara Mengutip

Nurwiyati, E. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SDN Sanggrahan 2 Kecamatan Prambon Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Dharma Pendidikan, 15(2), 19 - 28. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/101