Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi “Penjumlahan Pecahan “ Menggunakan Media Kartu “Gaple” Pada Siswa Kelas 4 Semester 1 SD Negeri 2 Sanggrahan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/ 2020

Authors

  • Eni Nurwiyati

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v17i2.195

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Materi Penjumlahan Pecahan, Media Gaple

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan penulis atau guru, rendahnya hasil belajar ini dikarenakan tiga faktor. Pertama, siswa tidak memahami konsep penjumlahan pecahan. Faktor kedua adalah penulis atau kurang tepat dalam menentukan model pembelajaran serta rendahnya penggunaan media atau alat peraga yang dapat menunjang proses pembelajaran.

Penggunaan media gaple pecahan diharapkan siswa dapat lebih memahami materi, siswa mendapatkan pengalaman nyata, sehingga, siswa akan mudah mengingat materi tersebut. Sehingga diharapkan mampu mengoptimalkan hasil belajar siswa

Penelitian Tindakan Kelas ini merupakan penelitian kualitatif, yang berlangsung selama 2 siklus yang melibatkan seluruh siswa kelas 4 SD Negeri 2 Sanggrahan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 18 siswa. Dengan tahapan pada setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.

Dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan dari siklus 1 ke siklus 2. Nilai tertinggi dan terendah pada siklus 2 sudah di atas KKM walaupun ada 1 siswa yang masih mendapatkan nilai 65 tersebut, namun hasil ketuntasan belajar sudah melebihi batas yang sudah ditentukan, sedangkan pada siklus 1 nilai terendah yang diperoleh siswa masih di bawah KKM. Rata-rata nilai aspek pengetahuan pada siklus 2 sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Selain itu, ketuntasan belajar siswa juga lebih tinggi di siklus 2 daripada siklus 1, dimana pada siklus 2 hanya 1 anak yang belum tuntas, sedangkan pada siklus 1 masih ada 14 siswa yang belum tuntas. Selanjutnya peningkatan hasil belajar siswa pada aspek keterampilan dari siklus 1 ke siklus 2, dan tidak ada siswa yang tidak tuntas pada siklus 2. Jumlah siswa yang memperoleh predikat A naik menjadi 2 siswa, predikat B menjadi 10 siswa, predikat C menjadi 6 siswa,. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus 2 sudah ada peningkatan pembelajaran siswa daripada siklus 1. Berikutnya peningkatan hasil belajar siswa pada aspek sikap dari siklus 1 ke siklus 2. Jumlah siswa yang memperoleh predikat A naik menjadi 10 siswa dan predikat B menjadi 8 siswa, dan tidak ada siswa yang memperoleh predikat C maupun D pada siklus 2.

Dari sini dapat dikatakan bahwa dengan media Gaple mampu meningkatkan hasil belajar Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Pada siswa kelas 4 SD Negeri 2 Sanggrahan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Z. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Yiama Widya.

Arikunto, S. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arief S. Sadiman dkk.2010. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT Rajagrafindo.

Hamalik, Oe.2016. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

----------------.2016, Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Harjanto. 2011.Perencanaan Pengajaran.Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Rusffendi, E.T. 2016. Pendidikan Matematika 3.Jakarta: Universitas Terbuka.

Sadiman, A. 2011. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2016. Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo `Persada. DOI: https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v8i1.57

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian R&D Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Raja Rosdakarya.

Usman, M.B dan Asnawir. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers

Usman, W. 2010 Matematika Manajemen Karunika, Jakarta : Universitas Terbuka,.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Nurwiyati, E. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi “Penjumlahan Pecahan “ Menggunakan Media Kartu “Gaple” Pada Siswa Kelas 4 Semester 1 SD Negeri 2 Sanggrahan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Dharma Pendidikan, 17(2), 144–160. https://doi.org/10.69866/dp.v17i2.195