PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN OPTIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Penulis

  • Santi Purwiningsih

Kata Kunci:

Inkuiri, audio-visual, hasil belajar.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa sebelum menerapkan model pembelajaran inkuiri menggunakan media audio-visual, 2) untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa sesudah menerapkan model pembelajaran inkuiri menggunakan media audio-visual, 3) untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran inkuiri menggunakan media audio-visual terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya dan optik siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pra-experimental. Tempat penelitian yang digunakan adalah SMP Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso dengan jumlah sebanyak 283 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 1 kelas yaitu kelas VIII A yang berisi 32 siswa sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk menganalisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik yaitu uji-t berpasangan (Paired T-test). Berdasarkan hasil uji hipotesis, terdapat perbedaan yang signifikan dilihat dari hasil pretes dan postes menunjukkan nilai thitung 7,575 > ttabel 2,039 pada taraf signifikan 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Inkuiri menggunakan Media Audio-Visual terhadap hasil belajar siswa pada materi Cahaya dan Optik kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso tahun pelajaran 2021/2022.

Referensi

Andrini, V. S. (2016). The Effectiveness of Inquiry Learning Method to Enhance Students ’ Learning Outcome : A Theoritical and Empirical Review. Journal of Education and Practice, 7(3), 38–42.

Hariyono, & Andrini, V. S. (2020). Development Of Project-Based Blended Learning (PjB2L) Model To Enhance The Ability Of Technopreneur In Higher Education. International Journal of Advanced Research and Publications, 4(4), 86–91.

Muhid, A. (2019). Analisis Statistik. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Putri, N. P. L. K., Kusmariyatni, N., & Murda, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksa, 6(3), 153–160.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-05

Cara Mengutip

Purwiningsih, S. . (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN OPTIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Dharma Pendidikan, 18(1), 10-16. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/479