Pengaruh media pembelajaran berbasis sparkol video scribe terhadap literasi sains pada pembelajaran IPA materi struktur bumi & atmosfer kelas VIII

Authors

  • lutvi wahyuningtyas STKIP PGRI Nganjuk
  • Yulia Dewi Puspitasari STKIP PGRI Nganjuk

Abstract

Pemanfaatan Sparkol VideoScribe untuk memudahkan pembelajaran serta membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui literasi sains peseta didik dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional, 2) untuk mengetahui literasi sains peserta didik dengan pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe, 3) untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran dengan metode konvensional terhadap hasil literasi sains peserta didik pada materi Struktur Bumi & Atmosfer peserta didik kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Posstest-Only Control Design. Teknik yang dipakai untuk mengambil sampel adalah Sampling Purposive, teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Berdasarkan hasil dari tes peserta didik nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 79,5 yang berarti “Baik”, dan nilai rata-rata dari kelas kontrol adalah 60,5 yang berarti “Cukup”. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Terdapat perbedaan pembelajaran menggunakan media Sparkol VideoScribe dengan pembelajaran secara konvensional terhadap literasi sains siswa pada mata pelajaran IPA materi Struktur Bumi & Atmosfer kelas VIII SMP Negeri 1 Sukomoro Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kata Kunci: Sparkol VideoScribe, Literasi Sains 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrini, V. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Dan Optik Kelas Viii Smp Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal Of Natural Science And Applications, 4(1).

Kemendikbudritek (2023). Pisa 2022 Dan Pemulihan Pembelajaran Di Indonesia. Jakarta: Kemendikbudristek

Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa'adah, N., & Hayani, A. (2023). Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Indonesian Journal Of Elementary Education And Teaching Innovation, 2(1), 20-31.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alpabeta

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41-47.

Downloads

Published

2024-11-07

How to Cite

lutvi wahyuningtyas, & Yulia Dewi Puspitasari. (2024). Pengaruh media pembelajaran berbasis sparkol video scribe terhadap literasi sains pada pembelajaran IPA materi struktur bumi & atmosfer kelas VIII . Dharma Pendidikan, 19(2), 108–116. Retrieved from https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/529